Dari  214 Siswa SMP UNBK, Dua Orang Tetap Tidak Mengikuti Ujian Susulan

by -212 views

 

 

KOBEK CIKARANG-Sebanyak 212 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Bekasi, terpaksa mengikuti ujian susudal, karena pada  ujian nasional berbasis komputer (UNBK) serentak tidak bisa mengikutinya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi Maman Agus Supratman mengatakan, UNBK susulan itu sudah   dilaksanakan tanggal 8-9 Mei 2018 lalu. Dari 214 yang seharusnya mengikuti ujian susulan, dua orang di antaranya tetap tidak bisa mengikutinya. Para  siswa diwajibkan ujian susulan agar bisa mendapatkan ijazah, selanjutnya  untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Para siswa yang gagal UNBK itu, paling banyak karena adanya gangguan server.

Ke- 214  siswa yang seharusnya ikut ujian susulan itu, dari 19 SMP Negeri maupun swasta yang tersebar di 23 Kecamatan.  Mereka  harus mengikuti ujian susulan, karena merupakan haknya. Gangguan server  bukan karena kelalaian para siswa, sehingga ujian susulan untuk memberikan haknya. Ujian susulan sudah  dilakukan tanggal 8 dan 9.

Dalam pelaksanaan ujian susulan itu, 2 siswa yang justru tidak datang, padahal  sudah diupayakan agar semua siswa ikut UNBK tersebut. Pihak sekolah sudah berupaya memberitahukan  para  orangtua murid, ternyata  yang dua orang sudah tak ada di alamat semula. “Mereka pindah dari tempat tinggalnya dan tak ada yang mengetahuinya. Dan karena ujian susulan sudah dilaksanakan, maka kedua siswa itu, harus mengulang kalau tetap mau sekolah  di kelas IX,” katanya.

Alasan Maman, karena setelah ujian susulan, tidak ada lagi ujian lagi, sehingga dipersilahkan kembali lagi ke kelas IX karena namanya masih tetap terdaftar di sekolah dan Disdik Kabupaten Bekasi.

Ditambahkan, ujian susulan yang telah dilaksanakan, itu  sesuai ketentuan. Setiap siswa memiliki hak mengikuti ujian susulan, apalagi bukan karena kemauan mereka melainkan server yang rusak. “Itu artinya, tetap dijamin keikutsertaan para siswa yang gagal ikut UNBK. Gangguan server hingga tidak bisa  tersambung ke server Kemendikbud.

Di daerah ini, ada  313 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan MTs yang mengikuti UNBK, 96 di antaranya Negeri dan 217 swasta dengan total siswa 37.761 yaitu SMP Negeri 26.083 siswa, dan  swasta 11.678 siswa, di antaranya 24 sekolah masih menggabung yaitu 3 sekolah negeri dan 21 swasta.

Pelaksanaan UNBK siswa,  Senin (23/4) Bahasa Indonesia, Selasa (24/4) Matematika, Rabu (25/4) Bahasa Inggris dan Kamis (26/4) IPA.

Dikatakan, pihaknya juga terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah ini. Sedangkan khusus untuk SMA dan SMK, juga terus dilakukan koordinasi dengan Disdik Jawa Barat. Pasalnya, pengelolaan SMA dan SMK sudah langsung ditangani Disdik Provinsi Jawa Barat. (hem)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.