Disparbud Siap Sukseskan Asian Games

by -346 views

DINAS Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bekasi siap mensukseskan Asian Games 2018. Pasalnya, kota penyangga ibukota ini menjadi salah satu lokasi perhelatan olahraga negara-negara di Asia.  

Untuk itu, Disparbud  akan memanfaatkan momen tersebut untuk mempromosikan beberapa tempat wisata Kota Patriot Bekasi.

Hal itu sangat dimungkinkan mengingat Stadion Patriot Candrabhaga akan menjadi venue pertandingan sepakbola yang nantinya diisi dua grup yang terdiri dari delapan negara. Untuk menyaksikan pertandingan itu, tentunya akan ada ribuan pendukung sepakbola yang akan datang pada Agustus mendatang.

“Kota Bekasi siap mensukseskan Asian Games 2018. Karena peserta dari berbagai negara nanti bukan hanya fokus pada olahraga saja tetapi mereka ingin melihat potensi pariwisata di Kota Bekasi,” kata Kepala Disparbud Kota Bekasi Ahmad Zarkasih kepada Koran Bekasi, Kamis (7/6).

Dia mengatakan, saat ini di Kota Bekasi banyak tempat wisata yang menarik sehingga kesempatan pada pesta olahraga akbar mendatang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Perkenalkan tempat wisata yang ada di Kota Bekasi sehingga daerah ini semakin dikenal di seluruh mancanegara,” ujar dia.

Bukan itu saja, Kota Bekasi juga kaya akan budaya daerah sehingga peluang untuk promosi daerah sangat besar dalam Asian Games mendatang. Potensi yang ada harus dimaksimalkan lagi supaya semakin menarik untuk dikunjungi.

Zarkasih menjelaskan, yang perlu dikembangkan adalah ekonomi kreatif. Karena nantinya tamu ingin mengoleksi hasil kerajinan ciri khas daerah. Berdasarkan informasi nantinya para pemain seplabola dari delapan negara akan menginap di dua hotel, yakni Harris dan Aston Hotel.

Tentunya lanjut Zarkasih hal ini juga dapat meningkatkan potensi pajak pariwisata yang ada di Kota Bekasi, khususnya tempat hiburan seperti mall dan restoran.

Salah satu yang tengah dipersiapkan dengan baik adalah menggandeng industri, asosiasi, untuk dapat membuat paket-paket wisata yang dapat dipilih para atlet, offisial, maupun supporter dari berbagai negara nantinya.

Apabila target itu terpenuhi, maka sektor pariwisata  di Kota Bekasi diproyeksikan bakal meningkat. Tentu,  kata Zarkasih industri pariwisata dan budaya di Kota Bekasi harus mampu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Ditopang oleh peninggalan-peninggalan sejarah, situ, kuliner khas Kota Bekasi, kekayaan alam lingkungan, serta seni dan budaya yang khas, Kota Bekasi sebagai salah satu daerah yang menjadi venue Asian Games 2018, sejatinya memiliki potensi lumayan besar di sektor pariwisata,” kata Zarkasih.

Menurut dia, tinggal bagaimana para satke holder lainnya dapat bersinergi dengan baik. Utamanya bagaimana kemampuan untuk  mengemas dan membuat paket-paket wisata perkotaan yang memikat selama hajatan Asian Games berlangsung. (ADV/Jim)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.