UPTD PAL Bekasi Kelola Limbah Domestik Jadi Pupuk Organik

by -408 views

UNIT Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelolaan Air Limbah (PAL) Disperkimtan Bekasi kelola limbah domestik menjadi pupuk organik dan pupuk cair. Pengelolaan menggunakan sistem mekanikal elektrikal kelistrikan.

Adapun limbah yang diolah berasal dari limbah sedot kakus seperti tinja dan nonkakus atau limbah rumah tangga, seperti hasil masak dan cucian piring. Biasanya, berasal dari restoran dan lainnya.

“Pengolahan air limbah domestik dibagi menjadi dua. Pertama limbah black water, itu limbah sedot kakus seperti tinja. Satu lagi adalah grey water, ini limbah rumah tangga sisa masak atau cucian,” kata Kepala UPTD PAL Disperkimtan, Andrea Sucipto, belum lama ini.

Dikatakan, UPTD PAL memiliki pipa khusus yang langsung tersambung ke badan sungai. Sehingga, setiap dua hari sekali air yang sudah diproses akan dialirkan ke badan sungai melalui pipa tersebut. Sementara sisa dalam bentuk padatan akan menjadi pupuk organik.

“Kualitas air hasil pengelolaan PAL sudah diuji laboratorium. Hasilnya sudah sangat baik se-Indonesia. Itu sesuai hasil laboratorium dua bulan lalu, bahwa BOD 7 dan COD-nya 19. Sedangkan baku mutu 50 per 100,” ungkap Andrea.

Menurutnya, sisa padatan limbah domestik menjadi pupuk organik dan pupuk cair, karena sudah melalui proses menggunakan bahan kimia polimer. Sehingga virus patogen, ekoli dan cacing sudah mati, dan bagus untuk pupuk.

Andrea menambahkan, bahwa kapasitas pengolahan limbah per hari mencapai 110 meter kubik (m2) dengan jumlah jam operasional 24 jam.

“UPTD PAL Disperkimtan Kota Bekasi, selama ini sudah banyak dikunjungi dari berbagai negara, untuk melihat langsung proses pengolahan limbah domestik,” paparnya.

Untuk pupuk hasil pengolahan limbah, lanjut Andrea, diberikan secara gratis kepada warga. Tetapi, baru-baru ini, ada surat edaran dari Disperkimtan bahwa pupuk organik, akan diberikan untuk mendukung penghijauan di Kota Bekasi. Seperti,  penghijauan sekitar jalan atau lingkungan kelurahan.(par)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.