Sebanyak 50 siswa SMA Negeri 14 Kota Bekasi mengikuti pelatihan jurnalistik di aula lantai 3 sekolah yang berada di Perumahan Alinda Kencana, Bekasi Utara, Kota Bekasi. Menghadirkan wartawan senior Zulkarnain Alfisyahrin sebagai pemateri, acara lebih dulu dibuka kepala sekolah Asep Jamal.

Antusiasme puluhan pelajar yang tergabung dalam pengurus OSIS dan Ekskul, terlihat dalam kegiatan pelatihan jurnalistik, Rabu (6/2) tersebut. Zulkarnain yang juga dosen jurnalistik di Universitas Islam ‘45’ (Unisma) Bekasi dan Institut Bisnis Muhammadiyah  (IBM) Bekasi itu memaparkan bagaimana teknis dasar penulisan berita yang dibagi dalam tiga katagori, yakni penulisan berita langsung (straight news), feature, dan opini.

Saat menyampaikan secara rinci soal kiat-kiat menulis berita secara cepat dan bagaimana penggunaan kalimat yang tepat, tak sedikit siswa yang hadir melayangkan pertanyaan.

“Pak, bagaimana cara pemilihan ‘lead’ yang menarik dan dibaca orang,” tanya salah satu siswa berdarah Thailand dan Betawi, Thitipot.

“Apakah prinsip dasar menulis dengan menggunakan 5W + 1 H itu memang harus ada dalam setiap berita,” tanya siswi lainnya, Veronica.

Tak hanya Thitipot dan Veronica, sejumlah siswa lainnya juga ikut bertanya, tak hanya terkait penulisan, juga soal tanggung jawab dan sanksi hukum bagi berita yang ditulis tetapi tidak bisa dipertanggungjawabkan karena nara sumbernya membantah telah diwawancarai.

Selain itu, Zul—sapaan akrab pria yang pernah menjadi jurnalis di sejumlah media nasional seperti Harian Media Indonesia, Sinar Pagi, Berita Kota, Batak Pos, The 1st Times, juga memaparkan tekni melakukan wawancara serta pengambilan foto yang menarik.

Acara yang berlangsung selama 2,5 jam ini akhirnya ditutup salah satu guru SMAN 14, Usman mewakili kepala sekolah. Usman berharap, pelatihan jurnalistik ini bisa menjadin kegiatan positif siswa yang punya bakat menulis. (zas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here