Hampir tiga jam penuh, dua politisi Partai NasDem, Zulkarnain Alfisyahrin dan Toto Setiawan menggelar ajang silaturahmi dengan warga RT01 RW 05 Kaliabang Tengah, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Sabtu (23/2). Sekitar 60 warga yang hadir, umumnya menyampaikan keluhan perihal lingkungan mereka yang acapkali jadi langganan banjir ketika hujan turun.

“Begitu hujan, tidak pun terlalu deras, selalu saja di lokasi RT 01 kami langsung terendam. Apalagi jika hujan deras turun, air bisa sebetis orang dewasa dan masuk ke rumah-rumah,” ujar salah satu tokoh masyarakat setempat, Wasimin.

Hal senada disampaikan Agung.”Ini sudah terjadi bertahun-tahun. Kami sudah lapor ke kelurahan agara segera ada bantuan perbaikan saluran air, mudah-mudahan sih ada katanya dalam waku dekat ini dikucurkan dana sebesar Rp43 juta,” kata Agung.

Wasimin, Agung, dan warga lainnya mengakui bahwa wilayah mereka menjadi tempat tumpahan air dari daerah sekitarnya. Selain karena kawasannya lebih rendah, juga karena saluran air yang ada tak memadai.

“Drainase air ada tetapi tersumbat. Sehingga ketika air hujan dari tempat lain mengalir ke kami, maka ya terhenti sampai di situ dan lokasi tempat tinggal kami langsung terendam. Ini harus dibuatkan saluran yang lebih besar agar air hujan tak berhenti di kawasan kami,” lanjut Agung.

Baik Zulkarnain maupun Toto mengaku siap memfasilitasi keluhar warga RT 01 RW 05 tersebut. Apalagi, sebagai salah satu pengurus forum RW se-kelurahan, Toto sudah membawa persoalan ini hingga ke tingkat kelurahan. “Insya Allah ada anggaran untuk perbaikan drainase yang sudah dijanjikan akan dikucurkan pihak kelurahan dalam waktu dekat,” jelas Toto yang juga calon anggota legislatif (caleg) dari Bekasi Utara.

Hal senada disampaikan Zulkarnain, yang juga caleg NasDem untuk tingkat Provinsi Jabar. “Kita akan sampaikan hal ini ke Pemkot Bekasi agar segera dilakukan perbaikan saluran air yang selama ini memang sudah mampet dan menghentikan arus air yang harusnya bisa langsung masuk ke kali,” kata Zul—sapaan akrabnya. (jim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here