TERKAIT pembelajaran berbasis online, Rektor Universitas Nasional (UNAS) El Amry Bermawi Putera  menyatakan bahwa UNAS siap mendukung program pemerintah untuk meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) dan memberikan akses pendidikan tinggi kepada seluruh warga Indonesia. UNAS juga telah menerapkan pembelajaran online di beberapa program studi dan tengah mengajukan izin untuk perkuliahan jarak jauh serta siap untuk mengembangkan cyber university.

Pembelajaran berbasis online ini memang telah ditekuni UNAS sejak beberapa tahun lalu dan diyakini menjadi masa depan sistem pendidikan tinggi. Untuk itu UNAS telah menggandeng Hankuk University for Foreign Studies (HUFS) dan Cyber Hankuk University for Foreign Studies (CUFS) sejak 2014 sebagai partner untuk menerapkan belajaran blended learning dan online learning serta membangun studio siber yang digunakan untuk mendukung perkuliahan di UNAS.

“Pak Menteri menyambut baik dan sangat antusias melihat bagaimana sistem pembelajaran e-learning di Korea Selatan dan tidak sabar untuk melakukan hal yang sama di Indonesia dan akan segera memberikan izin kepada Universitas yang sudah siap menyelenggarakan pembelajaran berbasis cyber. UNAS sangat menyambut baik hal ini, dan kami siap menjadi yang terdepan,’’ papar El Amry.

Selain melakukan studi banding dengan CHUFS dan HUFS, Rektor UNAS juga mengunjungi Korean Polytech University untuk penjajakan kerjasama dan melihat kemajuan sistem pendidikan Polytech dan laboratoriumnya. El Amry juga mengunjungi Smart Factory TELSTAR HOMMEL di kawasan industri Korea.

“Ini adalah perusahaan yang sudah menerapkan 100 % Revolusi Industri 4.0,’’ tegasnya. (*/mth)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here