Puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Dinas UMKM Kota Bekasi, khususnya yang menggeluti pembuatan batik Bekasi mengikuti pameran kebudayaan se-Benua Asia di Johor, Malaysia, Rabu (27/3).

Dinas UMKM Kota Bekasi saat ini juga tengah membuka pameran UKM di Blue Plaza Bekasi, Jalan Chairil Anwar, Margahayu, Bekasi Timur yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-22 tahun Kota Bekasi.

Kepala Dinas UMKM Kota Bekasi Abdillah Hamka berharap kedua kegiatan tersebut dapat meningkatkan wawasan masyarakat dan para pelaku UKM.

“Kedua agenda ini kami harapkan dapat membuat batik Bekasi semakin dikenal di luar negeri,” katanya, Rabu (27/3).

Dengan semakin dikenalnya batik Bekasi, lanjut mantan Kepala Kesbangpol Kota Bekasi ini, otomatis akan mempengaruhi tingginya permintaan sehingga akan menambah pelaku UMKM.

“Harapan utamanya dapat melahirkan pelaku-pelaku UKM yang baru serta menyerap tenaga kerja. Kalau misalnya satu pengusaha dapat menyerap satu tenaga, itu kan dalam lima tahun ini jumlahnya bisa menjadi ribuan, itu yang kita harapkan,” ucap Abdillah Hamka.

Selain itu, dalam lima tahun ini Dinas UMKM Kota Bekasi juga berencana membuka kawasan UKM baru, di mana dalam waktu dekat adalah kawasan UKM khusus pelukis.

“Untuk saat ini banyak kawasan UKM yang kita bina, tapi itu akan kita tambah dalam lima tahun ini, dalam waktu dekat ini akan kita buka kawasan UKM khusus pelukis,” paparnya.

Abdillah meminta masyarakat Kota Bekasi agar dapat mendukung pemerintah mengembangkan produk UMK lokal.

“Kualitas dan produktivitas Batik Bekasi ini harus kembangkan secara bersama-sama,” tandasnya. (bon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here