PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bekasi melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) membuka kesempatan bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk mengikuti seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama. Hal ini berkenaan dengan adanya surat Wakil Ketua Aparatur Sipil Negara Nomor B-1069/KASN/4/2019 tanggal 1 April 2019 perihal Rekomendasi Pelaksanaan Seleksi Terbuka JPT Pratama di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi.

Seleksi ini dilakukan dalam rangka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan ketentuan pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama sebagaimana Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor: B/79/M.SM.02.03/2018 tanggal 14 Agustus 2018.

Menurut Kepala BKPPD Kota Bekasi Karto, formasi jabatan kosong yang akan dilakukan penyeleksian adalah Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Bekasi. Kemudian, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Bekasi, dan Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Kota Bekasi.

Selanjutnya jabatan kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, kepala Dinas Sosial Kota Bekasi, dan kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bekasi.

“Adapun persyaratannya untuk jabatan pimpinan tinggi pratama atau eselon II berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Jawa Barat atau Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari narkotika,” ujar Karto kepada Koran Bekasi, Minggu (21/4).

Selain itu, kata Karto, peserta harus mempunyai kualifikasi pendidikan sekurang-kurangnya berijazah S1 (sederajat). Pernah menduduki jabatan administrator atau JF jenjang ahli madya paling singkat (2) dua tahun. Serendah-rendahnya memiliki pangkat Pembina (IV-A), telah mengikuti dan lulus pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat III.

Kemudian, berusia setinggi-tingginya 56 tahun per tanggal 28 Juni 2019 dan tidak sedang mengurus proses pensiun. Memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling kurang selama 5 tahun. Semua unsur penilaian prestasi kerja sekurang-kurangnya bernilai baik dalam 2 tahun terakhir.

Tidak pernah atau sedang dijatuhi hukuman disiplin sedang atau berat dalam 2 tahun terakhir. Tidak pernah dijatuhi hukuman pidana, memiliki rekam jejak jabatan, integritas dan moralitas yang baik, membuat karya tulis (makalah) dengan tema disesuaikan dengan jabatan yang akan dilamar.

Karto melanjutkan, adapun tata cara melamar yaitu dengan membuat surat lamaran dengan tulisan tangan dengan tinta hitam dan bermaterai yang diajukan kepada Walikota Bekasi. Melampirkan persyaratan seperti; foto copy SK CPNS dan PNS yang telah dilegalisir/disahkan (cap basah) oleh pejabat kepegawaian setempat. Melampirkan daftar riwayat hidup yang menginformasikan pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki.

Hasil medical check up (MCU) dokter pemerintah/rumah sakit umum daerah setempat, keterangan tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya dari dokter pemerintah /rumah sakit umum daerah setempat, foto copy keputusan kenaikan pangkat terakhir yang telah dilegalisir/disahkan (cap basah) oleh pejabat kepegawaian setempat. Kemudian foto copy keputusan oengangkatan pratama pada jabatan administrator yang telah dilegalisir/disahkan (cap basah) oleh pejabat kepegawaian setempat, foto copy keputusan pengangkatan dalam jabatan fungsional terakhir yang telah dilegalisir pejabat kepegawaian setempat, foto copy ijazah terakhir dan transkrip nilai, foto copy Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPL/STTPP) Kepemimpinan Tingkat III yang telah dilegalisir pejabat kepegawaian setempat, fotocopy SKP Tahun 2017 dan 2018 yang telah dilegalisir/disahkan, surat pernyataan tidak pernah atau sedang dijatuhi hukuman disiplin sedang atau berat dalam 2 tahun terakhir dari atasan langsung (bermaterai), surat pernyataan tidak pernah dijatuhi hukuman pidana yang diketahui oleh atasan langsung (bermaterai), karya tulis (makalah) dan paparan yang memuat Visi Misi sesuai dengan jabatan pimpinan tinggi pratama yang dilamar sebanyak 5 rangkap dan softcopy dalam kepingan CD, dan surat persetujuan dari atasan langsung atau kepala perangkat daerah.

“Pelamar wajib melengkapi kelengkapan persyaratan, karena menjadi penentu dalam kelulusan seleksi administrasi. Surat lamaran dan berkas kelengkapan dimasukan dalam amplop tertutup dengan mencantumkan nama jabatan yang dilamar pada pojok kiri atas amlop dan dikirim kepada panitia seleksi terbuka calon pejabat pimpinan tinggi pratama dengan alamat Kantor Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Bekasi Jl. Jend. A. Yani Nomor 1 Kota Bekasi dan batas akhir waktu penerimaan surat lamaran adalah hari ini pukul 16.00,” jelas Karto.

Karto menambahkan, nantinya akan ada dua tahapan seleksi yaitu, seleksi administrasi dan seleksi kompetensi. Terdiri dari kompetensi manajerial (assesment) dan kompetensi bidang serta sosial kultural (wawancara dan paparan makalah).

“Peserta yang lolos seleksi administrasi dapat melanjukan ke tahapan seleksi berikutnya sesuai jadwal. Pengumuman hasil seleksi terbuka kata Karto akan diumumkan melalui Website Pemerintah Kota Bekasi, Website BKPPD dan Sekretariat Panitia Seleksi. Danyang perlu diperhatikan, pelamar hanya diperbolehkan melamar satu jabatan saja. Keputusan panitia bersifat mutlak dan final serta tidak dapat diganggu gugat,” tutup Karto. (ADV/BKPPD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here