Anggota Komisi IV DPRD Kota Bekasi Anim Imamuddin mengapresiasi kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi yang membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP Negeri jalur khusus prestasi bagi penghapal Al-quran atau tahfidz Quran. Kebijakan tersebut sesuai dengan salah satu visi Kota Bekasi yang mengusung visi Cerdas, Kreatif, Maju, Sejahtera, dan Ihsan.

Ihsan menurut Anim adalah kota yang agamis sesuai dengan karakter masyarakatnya. Hal tersebut juga sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kota Bekasi kepada siswa yang berpretasi dalam bidang agama.

“Selain itu untuk mengembangkan bibit muda para penghafal Alquran di Kota Bekasi. Pemerintah melalui dinas terkait dan sekolah juga bisa memantau siswanya yang berprestasi di bidang agama agar bisa go internasional. Banyak kejuaraan dalam menghapal Alquran tingkat internasional yang diperlombakan. Nantinya jadi bisa terpantau oleh pemerintah. Dan tentunya bisa membawa harum nama Kota Bekasi. Tidak hanya itu, para siswa diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu agamanya dalam kehidupan sehari-hari,” kata Ketua DPC dan Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Bekasi ini kepada Koran Bekasi, Selasa (18/6)..

Pada tahapan ini, siswa yang hendak mendaftar melalui jalur prestasi tahfidz quran akan diuji hafalannya dihadapan petugas dari Kantor Kemenag Kota Bekasi. Dinas Pendidikan Kota Bekasi sendiri menentukan kriteria yang bisa menghafal 1-10 mendapat poin 100, 20 juz untuk 200 poin, dan 30 juz untuk 300 poin.

Selain panitia PPDB akan menguji hafalan Alquran secara langsung, peserta juga diminta untuk membawa berkas berupa sertifikat hafalan Alquran dari sekolah dan berkas kelengkapan lainnya.

Nanti dari tahapan verifikasi ini siswa akan mendapatkan token. Token itu akan digunakan untuk mendaftar ke sekolah yang dituju pada tahap pendaftaran online pada 1-3 Juli mendatang.

Adapun untuk tahapan verifikasi berkas jalur tahfidz Alquran dibuka hingga 20 Juni besok. Warga yang berminat bisa mendaftar di jalur tersebut dan dapat hadir di lokasi pengujian yang berlangsung di SDN Margahayu V BekasiTimur. (jim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here