TINGKAT hunian hotel di Kabupaten Bekasi belakangan ini mulai menurun. Hal ini disebabkan minimnya lokasi wisata untuk menarik minat wisatawan. Demikian dikatakan Manajer Hotel Grand Cikarang Rahmat Cholil Nasution saat menggelar jumpa pers di kantornya, Kamis (27/6).

Rahmat mengatakan hal tersebut juga terjadi di tempatnya bekerja. Di Hotel Grand Cikarang sendiri, tingkat okupansi menurun hingga 30% sejak 2015. Padahal, tingkat hunian di Hotel Grand Cikarang sendiri sempat naik di atas 60%.

“Sejak saya masuk ke sini (Hotel Grand Cikarang) tahun 2009, tingkat hunian kami di atas enam puluh persen. Tapi sejak tahun 2015 sampai sekarang menurun hingga tiga puluh persen,” ujar Rahmat.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya sudah menyiapkan berbagai upaya meningkatkan jumlah hunian di Hotel Grand Cikarang. Salah satunya dengan menyediakan fasilitas antar jemput gratis disekitar Komplek Jababeka. Dia pun berharap, dengan ditambahnya fasilitas tersebut dapat meningkatkan minat wisatawan yang berkunjung ke Bekasi.

Ia juga sempat mencontohkan daerah Bogor yang memiliki banyak lokasi wisata sehingga dapat meningkatkan tingkat hunian di daerah tersebut. Selain itu, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi untuk mengembangkan potensi wisata, salah satunya dengan membangun lokasi wisata di Kabupaten Bekasi khususnya wilayah Cikarang.

Sebab, menurut Rahmat, saat ini baru hanya Situ Binong, satu-satunya lokasi wisata di Cikarang. Tidak hanya itu, untuk menarik para pengunjung pihaknya juga menyiapkan tempat untuk memamerkan hasil kerajinan UMKM Bekasi yang ada di pojok lobi hotel.

“Semoga dengan adanya kerjasama ini dapat meningkatkan jumlah hunian hotel di Bekasi. Karena kami pengelola hotel hanya mengandalkan wisatawan bisnis yang ada disekitar kawasan Jababeka. Selain itu saat ini sudah banyak apartemen dan rent house. Tapi kami tetap berupaya dan optimis untuk terus membantu PAD Kabupaten Bekasi dari sektor parawisata,” tutup Rahmat. (jimmy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here