Soal Pembayaran Pajak Bapenda Berikan Pelayanan Maksimal

Read Time1 Minute, 51 Seconds

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) terus memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, khususnya dalam melakukan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) bisa melalui e-commerce, kantor POS, dan Indomaret.

“Untuk lebih memudahkan masyarakat membayar PBB, maka kami menambah tempat pelayanan dan pembayaran. Kan untuk pelayanan semula disini (kantor Bapenda) sekarang sudah ada di Mal Pelayanan Publik. Disamping itu warga juga bisa mendapatkan pelayanan di UPTD dua belas kecamatan,” kata Kepala Bapenda Kota Bekasi Aan Suhanda, Kamis (8/8).

Menurut dia, sebelumnya pembayaran pajak hanya bisa dilakukan di kantor Bapenda, Mall Pelayanan Publik (MPP) dan kantor kecamatan, tapi sekarang sudah bisa melalui e-commerce.

Aan menambahkan, pihaknya juga telah menjalin kerjasama dengan lima bank supaya masyarakat bisa membayar PBB melalui teller bank yang ada di tiap kecamatan. Warga juga menurut Aan sudah bisa membayarkan PBB melalui mobile banking.

“Itu dari sisi tempat pelayanan kita perlu untuk lebih dekat kepada masyarakat. Kemudian yang kedua ada tempat pembayaran, kita juga kerjasama dengan lima bank diantaranya BJB, BRI, BTN, Bank Mandiri dan BNI. Selain datang ke tellernya, sekarang juga sudah bisa bayar pajak lewat ATM atau melalui M-Banking,” jelas Aan.

Dengan perluasan tempat pelayanan dan pembayaran ini, pihaknya berharap masyarakat dapat lebih mudah membayar PBB guna kemajuan pembangunan di Kota Bekasi.

“Disamping itu kita juga kerjasama untuk pembayaran PBB dengan kantor Pos dan Giro. Kemudian kita juga kerjasama dengan Indomaret. Jadi bisa langsung bayar di situ. Kita juga buka kerjasama dengan Tokopedia. Kemarin juga sudah ada permintan dari Buka Lapak dan Traveloka,” tandas Aan.

Dia menyebutkan, dengan aplikasi keunggulannya, kalau bayar PBB tidak terlalu besar, bisa dicicil dengan kartu kredit melalui aplikasi e-commerce. Bapenda akan terus mendekatkan tempat pembayaran agar lebih dekat dengan masyarakat. Dia juga berharap masyarakat bisa lebih mudah membayar pajak, khususnya PBB.

Terpisah, Sekretaris Bapenda Dian Damayanti mengatakan, saat ini pajak terbesar yang signifikan memberikan kontribusi untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bekasi yaitu Pajak PBB, BPHTB, Penerangan Jalan Umum, dan restoran.

PAD Pemerintah Kota Bekasi saat ini, kata Dian, telah mencapai 52,99 % atau sebesar Rp1,2 Triliun. “Total pendapatan daerah kita sudah mencapai Rp3,5 triliun. Diharapkan kepada seluruh warga Kota Bekasi untuk ikut berkontribusi bagi PAD Kota Bekasi dengan membayar pajak tepat waktu. Pajak kita membangun Kota Bekasi,” tutup Dian. (ADV/BAPEDA)

0 0
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close