Anim Imamuddin Usulkan DPRD Miliki Aplikasi Penunjang Proses Aspirasi Rakyat

0
57
Anim Imamuddin (KOBEK)

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi sementara, Anim Imamuddin mengusulkan agar intitusinya memiliki aplikasi penunjang proses aspirasi masyarakat terhadap DPRD Kota Bekasi.

“Dengan adanya aplikasi ini, nantinya aspirasi atau pengaduan masyarakat bisa dilakukan dan dimonitor dengan mudah secara online,” kata Anim Imamuddin kepada Koran Bekasi, Senin (2/9).

Menurut dia, dengan aplikasi ini masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke gedung DPRD. Selain melalui reses, aspirasi bisa disampaikan dan dimonitor melalui smartphone. Kemudian, masyarakat juga bisa mengakses dan mengikuti seluruh kegiatan DPRD Kota Bekasi.

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, aplikasi tersebut merupakan wujud nyata DPRD Kota Bekasi kedepan untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0. Semua terkoneksi secara online dan serba digital. Dengan kemudahan teknologi, diberharapkan kedepannya kualitas demokrasi akan meningkat, sehingga demokrasi benar-benar menjadi jalan bagi terciptanya kemakmuran dan kesejahteraan.

“Nanti masyarakat juga diberikan kemudahan dalam menyampaikan aspirasinya melalui sistem online. Seperti halnya di DPR RI sudah ada aplikasi DPR Now dalam genggaman rakyat,” katanya.

Anim berharap, citra DPRD Kota Bekasi perlahan semakin membaik di mata publik.

“Lewat aplikasi ini, nanti masyarakat bisa menjadi member dengan melengkapi data diri. Sama seperti halnya aplikasi DPR Now di DPR RI. Kenapa harus jadi member dulu di aplikasinya? Agar dapat memudahkan pengecekan maupun tindak lanjut dari pengaduan yang disampaikan. Sama seperti platform media sosial seperti Instagram, Facebook, maupun Twitter,” lanjut Anim.

Melalui aplikasi tersebut Anim menuturkan berbagai program dan fungsi yang telah dijalankan oleh DPRD Kota Bekasi bisa disosialisasikan dan diinformasikan kepada publik. Pun sebaliknya, publik bisa melihat setiap aktifitas dan denyut nadi kegiatan para wakil rakyatnya di DPRD.

“Anak-anak muda Kota Bekasi banyak yang kreatif dan inovatif. Pasti dari mereka ada yang bisa membuat aplikasi semacam ini. Bukan hanya itu, nanti saya harap lewat aplikasi online tersebut berbagai sidang maupun kegiatan DPRD Kota Bekasi bisa dilihat secara real time,” tandasnya.

Kedepan, kata Anim, masyarakat sudah harus turut aktif dalam menumbuhkembangkan demokrasi. Sekaligus memastikan kedaulatan rakyat betul-betul dijalankan oleh para wakilnya di DPRD.

“Saya berharap semua pihak menyambut baik rencana aplikasi ini demi kemajuan kita bersama,” tutup Anim. (Jimmy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here