Tri Adhianto Ajak Warga Berantas Berita Bohong

0
47
Wakil Walikota Tri Adhianto (KOBEK)

Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto mengajak seluruh warga masyarakat memberantas berita bohong. Ajakan itu disampaikan dalam acara Sosialisasi Jabar Saber Hoax dengan tema, “Pengoptimalan Kecerdasan Literasi Digital Sebagai Upaya Menuju Indonesia Maju dan Bebas Hoax” yang diadakan di Balai Patriot Plaza Pemerintah Kota Bekasi, Kamis (5/9).

Dalam kegiatan tersebut, Tri Adhianto didampingi Sekretaris Daerah Kota Bekasi Reny Hendrawati. Turut hadir Ketua Saber Hoaks Jawa Barat, Enda Nasution, dan Sekretaris Dinas Kominfostandi Kota Bekasi, perwakilan Muspida, Insan Pers, serta pegawai di lingkungan Plaza Pemerintah Kota Bekasi.

Menurut Tri Adhianto, hoax kini tersebar dimana-mana dan sudah sangat meresahkan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, warga masyarakat Kota Bekasi diminta untuk selalu mencari tau kebenaran informasi yang diterima.

“Kota Bekasi dahulu juga pernah menjadi korban Hoax, di-bully tidak ada di belahan bumi manapun. Hoax adalah berita bohong dan kita perlu mencari tahu kebenarannya. Hoax bisa menjadi pemecah bangsa, juga sangat berdampak fatal kepada seseorang yang menjadi korbannya,” kata Tri.

Dahulu, kata dia, mulutmu adalah harimaumu. Tapi saat ini, ibu jarimu adalah harimaumu. Untuk itu, mulai saat ini dia berharap masyarakat bijak dalam menyebarluaskan suatu pemberitaan. “Lakukan Saring Before Sharing supaya kita tidak menambah banyak korban Hoax, karna tidak mencari tau kebenaran dari suatu berita itu sendiri, ” kata Tri Adhianto.

Dia menambahkan, Pemerintah Kota Bekasi akan terus melakukan sosialisasi serta memberikan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya berita hoax yang menyesatkan serta memecah belah bangsa ini demi rekayasa kepentingan oknum.

Untuk diketahui, dalam upaya memerangi berita bohong atau hoaks, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil membentuk Tim Jabar Saber Hoax serta mensosialisasikannya ke kota dan kabupaten wilayah Provinsi Jawa Barat. (hms/jim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here