Sengatan Bau Busuk Kali Pete

Read Time1 Minute, 17 Seconds

Masih ingat bau busuk Kali Item di Jakarta yang secara ga’ bener ditutup pake jaring hanya untuk menutup rasa ‘malu’ sang pemimpin? Nah, di Kota Bekasi ada padanannya, namanya Kali Pete. Kali ini menjulur dari TPA Bantargebang dan mengalir ke utara sampai di wilayah kabupaten.

Yang merisaukan, bau ini pada musim kemarau seperti sekarang luar biasa ‘menyengatnya’, apalagi di sejumlah titik yang kawasan perumahan berada di bibir kali, seperti perumahan BTR, Legenda Park, Dukuh Zamrud, Graha Harapan, dan Mutiara Gading.

Di Legenda Park di mana tampak kali tinggal menyisakan kotoran hitam dan sampah sudah berbulan-bulan tersaji dalam bentuk ‘parfum’ yang menyesakkan nafas kehidupan. Warga di situ sudah lama mengeluhkan kondisi ini pada aparat terkait, Lurah Padurenan, atau sebagian ke kelurahan Cimuning. Namun, sejauh ini tidak ada solusi atau respon yang riil.

Saya juga nggak tahu apa mereka, termasuk Camat Mustikajaya ‘pura-pura’ tidak tahu atau malah tidak pernah datang, apalagi mendengar keluhan warga tersebut. Kalau aparat yang harusnya melayani warganya yang mengeluh tidak tanggap lagi, lalu ke mana harus mengadu? Kalau toh Pemda tutup mata karena mengaku APBD lagi ‘boncos’ kan bisa menggalang kekuatan warga untuk bergotong-royong, kerja bakti, atau apalah caranya, bagaimana menyelesaikan persoalan lingkungan seperti ini.
Tapi, kalo semua terdiam dan menganggap semua biasa seperti tidak ada pemimpin yang bisa jadi pelayan warga. Entah sampai kapan warga korban bau di sepanjang kali ini akan diberi solusi…Moga-moga tak menunggu sampai ada kampanye pilkada atau pileg lagi. Juga jangan sampai ada yang menganggap bau lendir kiriman dari TPA ini malah dianggap wangi. Terimakasih. (Maryoto, Warga Mustika Jaya, Kota Bekasi)

0 0
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close