IBM Bekasi Siap Divisitasi Asesor BAN-PT

Read Time1 Minute, 48 Seconds

Empat program studi (prodi) di Institut Bisnis Muhammadiyah (IBM) Bekasi yaitu Ilmu Komunikasi, Teknik Informatika, Ekonomi Islam, dan Akuntansi telah mengirim berkas Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS 4.0) dengan 9 standar yang baru ke BAN-PT.

Menurut Wakil Rektor IBM Bekasi Lili Fadly Muhamad, keempat prodi tersebut berharap memperoleh status terakreditasi dengan peringkat unggul atau minimal baik sekali. Saat ini tengah bersiap menyambut visitasi dari tim asesor BAN-PT.

Sebagaimana telah ditetapkan BAN-PT, bagi program studi yang ingin meraih peringkat Unggul maka wajib memenuhi 4 (empat) kriteria, terutama memperhatikan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), khususnya yang membawa daya saing internasional, yaitu: Skor butir penilaian Sistem Penjaminan Mutu (ketersediaan dokumen formal SPMI, ketersediaan bukti yang sahih terkait praktik baik pengembangan budaya mutu di perguruan tinggi) harus lebih dari 3,0, skor butir penilaian Akreditasi Program Studi (perolehan status terakreditasi program studi oleh BAN-PT atau Lembaga Akreditasi Mandiri), harus lebih dari 3,25, skor butir penilaian Penjaminan Mutu (Efektivitas pelaksanaan sistem penjaminan mutu) harus lebih dari 3,0.

“Kemudian,skor butir penilaian Publikasi Ilmiah di Jurnal (Jumlah publikasi di jurnal dalam 3 tahun terakhir) harus lebih dari 3,25. Jika satu atau lebih butir penilaian tidak terpenuhi, maka peringkat terakreditasi perguruan tinggi akan ditetapkan menjadi Baik Sekali,” ujar Lili.

Sementara untuk sampai pada peringkat baik sekali pada program studi yang tengah menempuh proses akreditasi adalah sama dengan empat kriteria di atas, namun yang membedakan adalah skornya harus lebih dari 2,5. Selain itu harus memperhatikan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), khususnya yang membawa daya saing nasional.

“Jika salah satu atau lebih butir penilaian tersebut tidak terpenuhi, maka peringkat terakreditasi perguruan tinggi akan ditetapkan menjadi Baik,” lanjut Lili.

Dari keempat kriteria yang ditetapkan BAN-PT di atas, keempat prodi di IBM Bekasi optimis dapat melampauinya dan berhasil meraih target status terakreditasi BAN-PT dengan peringkat unggul, baik sekali, atau baik. Oleh karena itu, semua pimpinan dan staf di keempat program studi IBM Bekasi saat ini tengah bekerja ekstra mempersiapkan kelengkapan data, dokumen, dan bukti sahih yang dibutuhkan dalam proses visitasi asesor akreditasi dari BAN-PT nanti.

“Semua itu dilakukan keempat program studi di IBM Bekasi demi peningkatan kualitas pelayanan pendidikan tinggi bagi anak bangsa khususnya di wilayah Bekasi Raya, sesuai dengan cita-cita Islam Berkemajuan yang selalu digaungkan Pimpinan Pusat Muhammadiyah,” paparnya. (anto)

0 0
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close