Pemkot Bekasi Komitmen Tingkatkan Pemasaran Produk Lokal

Read Time1 Minute, 32 Seconds

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bekasi melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) berkomitmen meningkatkan pemasaran produk-produk lokal. Hal itu dibuktikan melalui adanya sinergitas dengan Koperasi se- Kota Bekasi.

“Pelaku UMKM adalah pahlawan ekonomi yang menjadi kunci roda perekonomian dan penentu kesejahteraan masyarakat,” kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Bekasi, Abdilah di ruang rapat Wakil Walikota Bekasi, Rabu (9/10).

Hal itu diungkapkan Kepala Diskop UMKM itu usai temu usaha antara kalangan UMKM dan pengurus koperasi.

Menurut dia, perkembangan UMKM di Kota Bekasi selama ini menunjukkan kemajuan yang signifikan, antara lain terlihat dari terus meningkatnya jumlah UMKM dan serapan tenaga kerjanya.

Saat ini jumlah pelaku UMKM terus meningkat menjadi usaha yang mampu menyerap tenaga kerja sehingga perkembangan UMKM mampu menciptakan perluasan lapangan kerja.

“Makanya, kami sangat mendukung UMKM, salah satunya melalui temu usaha antara kalangan UMKM dan Koperasi semacam ini yang difasilitasi dinas terkait, yakni Dinas Koperasi dan UMKM,” katanya.

Ia berharap forum pertemuan itu tidak berhenti pada tataran diskusi, namun berlanjut pada jalinan kerjasama yakni MoU dan kemudahan akses bagi para pelaku UMKM.

Apalagi, kata dia, sebentar lagi sudah diberlakukan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sehingga kalangan UMKM di Kota Bekasi bisa ikut bersaing memasarkan produk-produk bernilai jualnya.

“Jangan sampai jadikan MEA sebagai hambatan, melainkan sebuah peluang untuk meningkatkan dan memasarkan produk di tingkat internasional. Salah satunya melalui perluasan jaringan,” katanya.

Sejauh ini, kata dia, Dinas Koperasi dan UMKM telah mengembangkan sistem permodalan yang lebih mudah diakses dan tidak berbelit-belit sehingga sangat membantu UMKM mengembangkan bisnisnya.

Yang jelas, kata Abdilah, Pemkot Bekasi berkomitmen untuk memfasilitasi perkembangan UMKM, mulai dari pendampingan usaha, permodalan, sampai pemasaran melalui koperasi dan berbagai kegiatan yang dilakukan.

“Kami terus berkomitmen untuk memfasilitasi, memberikan pendampingan, permodalan hingga pemasaran melalui koperasi dan berbagai kegiatan yang dilakukan,” tutup Abdilah.

Hadir pada pertemuan tersebut Tim Walikota Untuk Percepatan Penyelenggaraan Pemerintah dan Pembangunan (TWUP4) Kota Bekasi. (hms/gar)

0 0
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close