KONI Kabupaten Bekasi Targetkan Juara Umum Porda XIV – 2022

Read Time2 Minutes, 18 Seconds

Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bekasi menargetkan juara umum pada Pekan Olahraga Daerah Jawa Barat (Porda Jabar) XIV tahun 2022. Target itu terungkap saat acara pengukuhan dan pelantikan pengurus KONI Kabupaten Bekasi masa bakti 2019-2023 di Hotel Antero Jababeka, Cikarang, Rabu (20/11) malam.

Menurut Ketua Umum KONI Kabupaten Bekasi Reza Lutfi, keinginan untuk merebut kembali gelar juara umum tersebut sudah matang dan melalui analisa internal pengurus. Bahkan, Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja juga mendukung program pengurus KONI dengan menggelontorkan anggaran tahun 2020 sebesar Rp40 miliar.

“KONI adalah satu-satunya induk olahraga di Kabupaten Bekasi. Marwah KONI yakni mengharumkan nama Kabupaten Bekasi melalui prestasi olahraga. Memang tidak mudah, namun hasil perhitungan, kita dan Kota Bandung, masih bersaing. Kita kejar-mengejar dengan Kota Bandung,” kata Reza Lutfi.

Dia menyebutkan, hajat besar olahraga di Kabupaten Bekasi adalah pelaksanaan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Bekasi tahun 2020. Kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan KONI Kabupaten Bekasi menghadapi Porda 2022, karena atlet di setiap kecamatan akan diadu.

Terkait penggunaan anggaran hibah sebesar Rp40 miliar yang diajukan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, katanya, selain untuk kegiatan Porkab Bekasi, juga diperuntukan bagi PSSI dan Persatuan Sepakbola Kabupaten Bekasi (Persikasi) Rp 5,3 miliar. Kemudian, sekitar Rp 6 miliar bakal diberikan untuk bonus atlet-atlet Kabupaten Bekasi yang mengikuti ajang Pekan Olahraga Nasional (PON).

Reza menegaskan, anggaran hibah itu juga dipersiapkan untuk program jangka panjang yakni menggali potensi bakat di bidang olahraga yang dimikili putra dan puteri di Kabupaten Bekasi.

“Dana Rp40 miliar itu sebetulnya bukan buat KONI, itu ada kepentingan jangka panjang kita melaksanakan Pekan Olahraga Kabupaten dalam rangka menghitung potensi (atlet) kita,” kata Reza.

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja dalam sambutannya juga membenarkan rencana KONI untuk meraih juara umum pada Porda 2022. Tapi, pembinaan melalui Porkab Bekasi menjadi agenda awal yang akan dijalankan.

”Saya yakin, KONI Kabupaten Bekasi bisa juara. Kami akan mendukung program KONI. KONI merupakan wadah, dan mesti mendapat dukungan dari pemerintah daerah,” ujar Eka Supria Atmaja sambil menambahkan, Porkab menjadi upaya awal pencarian bibit atlet termasuk atlet pelajar di Kabupaten Bekasi.

“Pekan Olahraga Bekasi ini akan dimanfaatkan untuk mencari bibit-bibit atlet di Kabupaten Bekasi. Kita akan support, dan ini adalah bentuk apresiasi buat KONI untuk lebih baik,” katanya.

Eka Supria Atmaja mengatakan, terkait sarana dan prasarana memang menjadi salah satu penunjang perkembangan olahraga. Jadi tidak menutup kemungkinan, semua sarana akan dibangun.

”Kita ingin dan akan berupaya juga memiliki sarana dan prasarana internasional di Kabupaten Bekasi,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Jawa Barat Ahmad Saefudin menuturkan, langkah Kabupaten Bekasi menjadi yang terbaik dalam pembinaan atlet di Jawa Barat memang besar. Menurut dia, pembinaan di setiap KONI daerah sudah benar dan tepat. Dimana olahraga merasa dimiliki masyarakat, dari kampung hingga kota di Jawa Barat.

”Kita sama-sama berdoa untuk benar-benar mencapai prestasi. Bekasi, Bandung Raya, dan Bogor merupakan wilayah penyumbang medali emas di PON,” kata Ahmad Saefudin. (gar)

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close