Hasil Musda IV MUI, KH Mir’an Syamsuri Pimpin MUI Kota Bekasi

Read Time2 Minutes, 56 Seconds

KH Mir’an Syamsuri terpilih menjadi Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi. Dia berhasil mengumpulkan 8 suara dari total 11 suara pada Musyawarah Daerah (Musda) IV MUI Kota Bekasi yang berlangsung di Gedung Asrama Haji Kota Bekasi, Rabu (5/12).

Menurut Ketua Pelaksana Musda IV MUI Kota Kota Bekasi Hasnul Kholid P, pelaksanaan Musda berlangsung tertib dan aman. Nama calon ketua yang diusulkan ada dua, yakni KH Zamakhsyari dan KH Mir’an Syamsuri.

“Kedua nama tersebut dipilih di dalam rapat formatur yang terdiri dari sebelas orang. Kemudian dilakukan voting. KH Zamakhsyari mendapatkan tiga suara dan KH Miran Syamsuri delapan suara,” kata Hasnul Kholid kepada Koran Bekasi, Rabu (5/12) malam.

“Alhamdulillah, Musda IV MUI sudah selesai dengan baik. Semoga kedepan MUI Kota Bekasi dapat lebih berperan lagi di dalam pembangunan keagamaan, khususnya Islam dan menjadikan insan-insan cendikia yang berakhlaq,” kata Hasnul.

Menurut dia, Musda IV MUI Kota Bekasi juga menerima laporan pertanggungjawaban pengurus MUI periode sebelumnya. Terkait susunan pengurus, kata dia, akan dilengkapi paling lambat 30 hari setelah pelaksanaan Musda.

Musda kali ini mengusung tema, ‘Peran ulama dalam membangun Khoiru Ummah menuju Bekasi Ihsan’. Dihadiri beberapa tokoh agama Islam seperti Ketua MUI Kota Bekasi KH Zhamaksari Abdul Majid, Kepala Kementerian Agama Kota Bekasi H Mujani, Ketua DMI Kota Bekasi merangkap Ketua DMI Provinsi Jawa Barat KH Abdul Sodiq.

KH Zamaksari, selaku Ketua MUI Kota Bekasi yang telah meneruskan kepemimpinam Ketua MUI Kota Bekasi, Alm Mursyid Kamil, menyampaikan, selama kepemimpinannya telah mengadakan beberapa agenda besar dan program kerja untuk MUI Kota Bekasi. Diantaranya, pembinaan mualaf yang juga kerja sama dengan Baznas Kota Bekasi dan beberapa proses Musda 1 hingga penutupan Musda IV ini.

Dia juga mengucapkan terima kasih karena telah bisa hadir untuk membuka proses musyawarah ini. Pelaksanaan Musda, kata dia, merupakan hajat 5 tahun sekali, menyelenggarakan pemilihan pengurus baru.

“Saya melanjutkan dan menjadi Ketua MUI Pengurus Antar Waktu (PAW) menyeseaikan sampai tahun 2019 ini dengan mengintegrasikan mengkomunikasikan kerja sama dengan berbagai pihak,” katanya.

Menurutnya, para ulama di Kota Bekasi sudah pancasialis, sudah cinta NKRI. “Mari kita bersama pengurus MUI Kota Bekasi mewujudkan ulama yang ilmu sains dan ilmu lain-lain, ilmiah dan amalaiyah, dan pastinya untuk menjadikan Kota Bekasi yang Ihsan” ujar Zamaksari.

Walikota Bekasi Rahmat Effendi dalam sambutannya menyampaikan luapan bangga hati dengan adanya Musda IV ini. Dia juga berterima kasih kepada Alm. Mursyid Kamil yang menjadi sosok guru besar di Kota Bekasi mengajarkan  banyak hal. Sampai di penghujung hayatnya telah berkontribusi besar untuk MUI Kota Bekasi.

Kepada Ketua MUI PAW, KH Zamaksari yang telah berperan besar kepada para ulama di Kota Bekasi, Rahmat Effendi juga menyampaikan terima kasih. Menurutnya, Zamaksari telah berhasil menyatukan para ulama dan umaroh untuk menjadikan Kota Bekasi sebagai Kota yang nyaman dan aman.

Walikota Bekasi yang akrab disapa Pepen juga menyebutkan, Kota Bekasi beragam jenis suku, budaya, ras, golongan dan agama. Bersama dengan MUI Kota Bekasi telah berhasil mendapatkan penghargaan Kota Layak HAM, sehingga perbedaan bisa disatukan di Kota Bekasi, karena Kota Bekasi adalah multietnik, tentunya itu hasil kerja keras warga dan semua juga berperan, agar menjadi Kota yang Ihsan.

“Kita bisa rasakan hasil pembangunan, akan dapat bantuan 4 titik IPAL terpadu dari Kementrian PUPR, jika kita memiliki komitmen dalam 10 hingga 20 tahun kedepan. Masalah Bantargebang itu selesai, pemerintah daerah punya hirarki hubungan untuk sebuah kesepakatan bersama untuk melakukan program startegis yang dijabarkan setiap satu tahun kegiatan. Oleh karenanya pembangunan akan ada hasilnya untuk masyarakat,” kata Rahmat Effendi.

Berikut nama- nama pengurus MUI Kota Bekasi 5 tahun kedepan.

Ketua Dewan Pertimbangan : Dr H Rahmat Effendi

Ketua Umum : KH. Mir’an Syamsuri
Wakil Ketua Harian : KH Soekandar Ghozali

Sekretaris : H Hasnul Kholid P SE MM

Bendahara Umum : Ust Sanwani. (*/gar)

1 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close