Hubungan Homoseksual Pemicu Tertinggi Kasus HIV/AIDS

by -503 views
Ilustrasi HIV/AIDS (NET)
Read Time1 Minute, 19 Second

Peringatan kepada kaum gay dan lesbian. Hubungan seks menyimpang yang dilakukan golongan ini merupakan paling tinggi penyebab HIV/AIDS. Hingga kini di Kabupaten Bekasi kasus HIV/AIDS sudah mencapai 1.670 orang. Sebanyak 105 orang di antaranya merupakan penderita baru sepanjang tahun ini.

“Jumlah penderita HIV dan AIDS tahun ini sebanyak 105 orang. Laki-laki 74 orang dan perempuan 31 orang,” kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Irfan Maulana, Senin (2/12).

Dari hasil pemetaan yang dilakukan pihaknya, kasus HIV dan AIDS mayoritas dialami pria yang memiliki perilaku hubungan sesama jenis (homoseksual) sebanyak 46 kasus, wanita pekerja seks komersial 14 kasus, waria 6 kasus, kelompok berisko tinggi (risti) 4 kasus, pria pelanggan wanita pekerja seks 2 kasus, dan lainnya 33 kasus.

Dikatakan, kasus ini juga harus jadi perhatian bagi para istri. “Ternyata banyak suami punya pasangan sesama jenis. Mereka ini biasanya lelaki normal, bisa karena istrinya di kampung atau karena pengen cari sensasi baru,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Sri Enny Mainarti mengatakan, 105 penderita termasuk kasus baru tahun ini. Pertambahan ini membuat jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Bekasi bertambah menjadi 1.670 orang. Sri juga menyarakan para pria yang sudah berumah tangga supaya setia kepada pasangannya untuk memotong rantai penularan virus yang belum ada obatnya itu.

Sedangkan upaya yang telah dilakukan pihaknya untuk menekan kasus HIV/AIDS di antaranya melakukan pengembangan layanan VCT, sosialisasi pada populasi RISTI, pengembangan layanan perawatan dukungan pengobatan (PDP), sosialisasi kepada warga binaan di lembaga pemasyarakatan, sosialisasi kepada murid di sekolah (promkes) serta pemeriksaan viraload dan CD4 bagi para ODHA. (*/nga)

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *