Tumpukan Batu Bata Diduga Bagian Bangunan Kuno

by -706 views
Tumpukan batu bata (KOBEK)
Read Time1 Minute, 9 Second

Warga Kampung Lemahabang, RT 03/05 Desa Karangmukti, Kecamatan Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi digegerkan penemuan tumpukan batu bata yang diduga merupakan bagian dari bangunan kuno. Tumpukan batu bata itu ditemukan warga terkubur di dalam tumpukan tanah dengan kedalaman 3 meter di tengah proyek pembangunan embung.

Kepala Bidang Budaya di Dinas Budaya Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi, Suwartika mengatakan, perlu kajian lanjutan untuk memastikan apakah tumpukan batu bata tersebut ialah bangunan kuno atau bukan.

“Kalau dilihat dari segi fisik, bangunannya memang hampir sama dengan bangunan pintu air. Tetapi untuk pastinya, kita akan laporkan dulu ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten agar dilakukan penelitian apakah tumpukan batu bata tersebut ialah bangunan kuno atau bukan. Nanti kita akan segera bersurat,” kata Suwartika, Senin (9/12).

Meski demikian, apabila dilihat dari segi ukuran ia menilai batu yang ditemukan itu memang mirip dengan batu bata ‘kuno’. “Kalau dari ukuran, batu batanya memang lebih besar mirip bata kuno. Tetapi, harus dicek lagi ya. Butuh penelitian lanjutan,” tuturnya.

Terkait lempengan logam yang ditemukan di sekitar tumpukan batu bata itu, Suwartika mengatakan, logam tersebut bukanlah koin ataupun mata uang kuno, melainkan bagian dari assesori perhiasan. “Seperti bekas liontin, karena memang ada bekas bandulannya,” kata dia.

Ia meminta agar warga tidak mengaitkan penemuan itu dengan hal-hal mistis. “Karena memang biasanya di daerah kita itu biasanya kalau ada penemuan terlalu dibesar-besarkan sama hal-hal mistik,” kata Suwartika. (*/nga)

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *