Menteri PUPR Ungkap ‘Misteri’ Penyebab Banjir di Jabodetabek

Read Time1 Minute, 6 Second

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerjunkan 285 pegawainya ke 180 titik banjir. Selama dua hari melakukan pemeriksaan, tim menemukan beberapa penyebab dan solusi untuk menanggulangi banjir besar di kawasan Jabodetabek.

 

“Ada tanggul jebol, itu banyak di Bekasi, di Kemang Pratama, di Villa Nusa Indah, tadi malam sudah saya cek dan sekarang sudah dikerjakan. Dan sudah menunjuk BUMN, sekarang sudah dikerjakan,” kata Basuki di Gedung BPK RI,Jakarta, Senin (6/1).

Kedua, kata Basuki, penyebab banjir di kawasan Halim Perdana Kusuma dan Cawang, Jakarta Timur yakni kecilnya kapasitas penampungan parit.

“Dan di Halim, di Cawang, dia kenapa banjir, itu sudah kami tindak lanjuti. Halim itu empangnya (parit) kita perlebar. Dari 20.000 meter kubik kapasitasnya, akan kita jadikan 50.000 meter kubik. Sekarang dangkal, 2 meter, kita jadikan 5 meter. Jadi segera kita tindak lanjuti sekarang,” terang Basuki.

Selama dua hari ke depan anak buahnya akan menelusuri penyebab banjir besar di kawasan Jabodetabek. Hal ini dilakukan sebagai persiapan puncak curah hujan yang diprediksi terjadi pada 11 hingga 15 Januari ke depan di Jakarta.

Menurut dia, berbagai upaya akan dilakukan timnya, salah satunya melakukan pendataan fasilitas yang rusak. Lalu di hari Senin depan pihaknya bakal melakukan perbaikan fasilitas tersebut.

Dia menyatakan dengan menerjunkan anak buahnya, Jakarta akan siap menghadapi puncak curah hujan.

“Karena ngejar tanggal 11 yang katanya mau jadi (puncak), 11-15 kan, itu kita akan persiapan di situ,” kata Basuki. (*/gar)

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close