Gus Solah Meninggal Dunia, Muhammadiyah dan NU Berduka

by -392 views
Gus Sholah (KOMPAS)

Ulama yang akrab disapa Gus Solah itu meninggal dunia setelah kondisinya menurun pasca menjalani operasi jantung, Minggu (2/2) siang.Gus Solah dikabarkan meninggal dunia pukul 20.05 WIB setelah dua pekan dirawat di RS Harapan Kita, Jakarta.

Kabar tersebut disampaikan langsung putra Gus Solah, Irfan Wahid melalui akun Twitter pribadinya.Cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asyari dan putra KH Wahid Hasyim ini lahir di Jombang pada 11 September 1942.

Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) ini pernah menjadi anggota MPR RI dan juga Wakil Ketua Komnas HAM. Gus Solah meninggalkan seorang istri, Nyai Hj. Farida.

Kabar meninggalnya Gus Solah ini menjadi duka bagi Nahdlatul Ulama. “Mari kita bacakan surat fatihah untuk Kiai @Gus_Sholah. Alfatihah,” tulis akun Twitter NU.

Hal yang sama disampaikan Ketua Umum PP Muhamamdiyah, Prof Haedar Nashir melalui akun Twitternya. “Innalilahiwainnailahiroji’un turut berduka cita dan bela sungkawa atas wafatnya tokoh bangsa, ulama kharismatik kita KH Salahudin Wahid (Gus Solah). Semoga almarhum husnul khotimah,” tulis Haedar.

Informasi yang dihimpun, jenazah Gus Solah akan dimakamkan di komplek pemakaman Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur. Sebelum dibawa ke Jombang, Jawa Timur, jenazah rencananya akan disemayamkan di kediaman Gus Solah di Jalan Tendean, Jakarta Selatan.

Dr. Ir. H. Salahuddin Wahid atau biasa dipanggil Gus Solah adalah seorang aktivis, ulama, politisi, dan tokoh Hak Asasi Manusia di Indonesia. Ia pernah menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat pada masa awal reformasi 1998. Salahuddin juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komnas HAM. Wikipedia
Meninggal: 2 Februari 2020
Lahir: 11 September 1942, Kabupaten Jombang
Pendidikan: Institut Teknologi Bandung
Anak: Irfan Wahid
Saudara kandung: Abdurrahman Wahid
Buku: Negeri di balik kabut sejarah: catatan-catatan pendek Salahuddin Wahid, dan lainnya. (zas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.