Sudah Tepatkah Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi Jadi Tempat Isolasi Mandiri Pasien Covid-19?

by -404 views
0 0
Read Time2 Minute, 51 Second

Oleh: Jimmy Reinold

Siapa yang tak kenal dengan Covid-19? Kalau orang Bekasi bilang, ‘Ilok gak kenal sama yang namanya Covid-19’.

Ya, virus baru yang mematikan ini juga ikut mematikan banyak hal. Salah satunya mematikan perekonomian. Lewat kebijakan Work From Home (WFH) dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), para pelaku usaha dan pekerja seolah ikut ‘dimatikan’.

Lihat saja, pusat perbelanjaan, restoran dan hotel yang biasanya ramai, setelah adanya Covid-19 para pengunjung mulai ‘hilang’ bak ditelan bumi. Hal ini membuat para pengusaha tepok jidat memikirkan bagaimana cara membayar gaji karyawannya. Alhasil mulai banyak pengangguran.

Tapi bukannya lenyap, virus Covid-19 malah semakin ‘galak’. Buktinya, saat ini khususnya di Kota Bekasi mulai muncul klaster-klaster baru. Yakni, klaster keluarga. Tanpa disadari klaster keluarga menjadi rantai baru penularan virus Covid-19.

Munculnya Orang Tanpa Gejala (OTG) menjadi permasalahan baru di tengah masyarakat. Alhasil, pemerintah juga sudah mulai harus memikirkan bagaimana para pasien OTG bisa diisolasi mandiri agar tidak menjadi ‘mesin penularan’ baru.

Saat ini, pemerintah pusat akan menjadikan hotel yang ada di Jakarta tempat isolasi mandiri bagi pasien OTG. Sementara Pemerintah Kota Bekasi, menggunakan Stadion Patriot Candrabhaga. Bisa jadi, tujuannya untuk mengirit anggaran.

Padahal, pemerintah pusat juga memastikan akan menanggung biaya isolasi mandiri pasien OTG yang terkonfirmasi virus corona atau Covid-19 di hotel bintang dua dan tiga.

Bahkan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, mengungkapkan, pemerintah menyatakan saat ini sudah membuka peluang bagi para pemilik hotel untuk diajukan sebagai tempat isolasi mandiri pasien Covid-19.

Bagi penulis, ini solusi baik dari Pemerintah Pusat yang sangat menarik. Menjadikan hotel sebagai tempat isolasi mandiri. Kiranya kebijakan Pemerintah Pusat tersebut bisa dilakukan di Kota Bekasi. Bukan malah menjadikan stadion sebagai rumah sakit darurat dan pusat informasi Covid-19.

Tidak salah memang, tapi bukannya stadion notabenenya adalah tempat untuk berolahraga?. Padahal, belum lama ini Kota Bekasi baru saja merayakan Hari Olahraga Nasional ke-37. Temanya juga luar biasa, mengajak warganya berolahraga melawan Covid-19.

Tapi bagaimana mau berolahraga kalau satu-satunya stadion kebanggan warga Kota Bekasi dijadikan pusat rumah sakit darurat pasien Covid-19. Mungkin akan beda kalau ada sarana prasarana lain yang layak untuk dijadikan pusat olahraga di Kota Bekasi. Ini juga tak lain dan tak bukan demi kesiapan Kota Bekasi menghadapi Pekan Olahraga Daerah (Porda) 2022 mendatang.

Dan saya rasa kebijakan merubah hotel menjadi tempat isolasi mandiri, juga merupakan peluang besar untuk pemerintah Kota Bekasi dan pemilik hotel. Karena, untuk tetap meningkatkan pendapatan daerah melalui pajak perhotelan (salah satunya), pemerintah juga bisa bekerjasama dengan pengelola hotel sebagai tempat isolasi mandiri pasien Covid-19.

Ini juga bisa membantu para pengusaha hotel yang pada masa pandemi sempat kehilangan tingkat okupansi. Mending duitnya digunakan untuk itu daripada habis untuk beli ratusan tempat tidur dan lainnya.

Lebih dari itu, kalau pihak pengelola hotel ikut digandeng, mereka juga masih tetap bisa ikut memberikan kontribusi pajak ke pemerintah. Dan, tidak akan terjadi pemecatan karyawan yang berdampak pada bertambahnya angka pengangguran. Dan, kalau angka pengangguran bertambah, tidak menutup kemungkinan angka kejahatan juga ikut bertambah.

Lagi pula Pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan juga sudah mengalokasikan dana sebesar Rp3,5 triliun untuk BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana). Tujuannya, termasuk antisipasi kemungkinan penggunaan hotel-hotel untuk isolasi mandiri pasien Covid-19.

Jadi, sudahlah pakai saja fasilitas hotel untuk tempat isolasi mandiri pasien OTG. Pesan Presiden Jokowi juga harus bergotongroyong membangun kembali perekonomian di tengah pandemi Covid-19. Toh anggarannya juga sudah disiapkan. Jadi sudah bisa gandeng pihak hotel untuk tempat isolasi mandiri. Setuju kan Pak Wali??? (*)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *