Lagi, Pemkot Bekasi Perpanjang PPKM Hingga 14 Juni 2021

by -41 views
0 0
Read Time3 Minute, 51 Second

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro hingga 14 Juni 2021. Hal ini dilakukan menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 11 Tahun 2021 untuk mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

Pemerintah Kota Bekasi memberlakukan Perpanjangan PPKM pada Sektor Jasa Usaha Kepariwisataan , Hiburan dan Perdagangan (Area Publik) di Kota Bekasi melalui Surat Edaran Nomor : 556/658/Set.Covid-19.

Berikut dibawah ini dari surat edaran tersebut :

1. PASAR TRADISIONAL DAN PASAR SWASTA

a. Membatasi Jam Operasional pada Pasar Tradisional milik Pemerintah
maupun Swasta setiap hari Pukul 08.00 sampai dengan 18.00 WIB

dengan ketentuan :

1. Aktivitas jual beli hanya dilakukan di Los/Kios dan Counter;
2. Pedagang Kaki Lima yang berada di dalam / luar area pasar (jalan,
trotoar, area parkir) dilarang beraktivitas dan apabila melanggar akan
ditindak tegas melalui penertiban dan pengangkutan oleh Satuan Polisi
Pamong Praja Kota Bekasi dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi;
3. Pemadaman aliran listrik sesuai dengan waktu yang ditentukan.

b. Pengecualian ada angka 1 huruf a berlaku bagi :

a. Pedagang Kaki Lima pada Pasar Baru Bekasi, Pasar Kranji Baru, Pasar
Bantargebang dan Pasar Kranggan dengan pernbatasan Jam
Operasional setiap hari Pukul 21.00 sampai dengan 05.00 WlB;
b. Pertokoan Pondokgede, Pertokoan Kranji, Bekasi Junction dan pasar
Atrium Pondok Gede, Jam Operasional setiap hari Pukul 08.00 sampai
dengan 21.00 WlB;

c. Pasar Tradisional milik Pemerintah maupun Swasta diwajibkan
melaksanakan ketentuan sesuai dengan protokol kesehatan antara lain :

1 . Para Pengelola dan Pengawas Pasar Tradisional/Swasta bekerjasama
dengan Rukun Warga Pedagang Pasar melakukan penyemprotan
Disinfektan secara rutin/terjadwal;
2. Tetap menfasilitasi dan mengembangkan layanan belanja online;
3. Melakukan Phytsical Distance Measure dengan menjaga jarak minimal
1 (satu) meter antar orang;
4. Wajib menggunakan masker, sarung tangan dan selalu mencurci tangan
pada saat melakukan aktifitas jual beli;
5. Menyediakan tempat cuci tangan disertai sabun dan hand sanitizer;
6. Melaksanakan pola hidup bersih dan sehat;
7. Selalu menjaga kebersihan lokasi usaha.

d. Pedagang Kaki Lima yang berada di dalam / luar area pasar (jalan, trotoar,
area parkir) agar menerapkan ketentuan sebagaimana poin 2 di atas dan
menjaga jarak fisik lapak 1 sampai dengan 1.5 meter dan apabila
melanggar akan ditindak tegas melalui penertiban dan pengangkutan oleh
Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bekasi, Dinas Lingkungan Hidup Kota
Bekasi dan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi;

e. Melakukan penataan parkir motor dan mobil pada tempat yang sudah ditentukan sesuai detgan sketsa parkir masing-masing pasar dan apabila
melanggar akan diberikan sanksi, berupa penggembokan atau
pengempesan ban.

2. KEGIATAN USAHA PERDAGANGAN DAN JASA

a Terhadap Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan dan Pelaku Usaha
Perdagangan Lainnya Jam Operasional dimulai Pukul 07.00 sampai
dengan 22.00 WlB dan yang memiliki izin operasional 24 Jam (BERLAKU
24 Jam) dengan Wajib memperhatikan Protokol Kesehatan dan
Jumlah Pengunjung agar tidak adanya kerumunan;

Hal-hal yang perlu dilakukan ditempat usaha guna antisipasi dan
pencegahan risiko penularan Corona Virus Disease (COViD-19) Dalam
Rangka Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Kota Bekasi
antara lain:

1. Mengukur suhu pekerja dan pengunjung dengan Thermal Gun;
2. Menggunakan masker;
3. Menyediakan tempat cuci tangan disertai sabun dan hand sanitizer;
4. Melakukan pengaturan pengunjung dalam 1 area sehingga tidak
terjadi kerumunan;
5. Memperhatikan Physical Distance Measure dengan menjaga jarak
antrian minimal 1 (satu) meter antar orang;
6. Memberikan tanda di lantai untuk memfasilitasi kepatuhan jarak fisik,
khususnya di daerah yarg paling ramai, seperti kasir dan customer
service
7. Menggunakan pembatas/partisi (flexy glass) di meja atau counter
sebagai perlindungan tambahan untuk pekerja (kasir, customer
service dan lain-lain);
8. Memasang media informasi untuk mengingatkan pekerja dan
pengunjung agar mematuhi ketentuan pembatasan jarak fisik;
9. Melakukan pembersihan secara rutin dengan menggunakan
desinfektan;
10. Selalu menjaga kebersihan lokasi usaha.

3. TEMPAT/FASILITAS USAHA JASA KEPARIWISATAAN SERTA HIBURAN

(1) STANDAR PROTOKOL KESEHATAN

a. Terhadap kegiatan operasional penyediaan makanan dan minuman,
penanggung jawab restoran / rumah makan/ usaha sejenis
diperbolehkan melayani makan di tempat (dine in) :

• Melakukan rapid test bagi karyawan yang melakukan kontak
langsung dengan penguniung secara berkala;
• Menerapkan physical distancing minimal 1,2 meter pada jarak
antrian berdiri maupun duduk antar pelanggan lainnya;
• Melakukan pembersihan area kerja, fasilitas dan peralatan,
khususnya yang memiliki permukaan yang besentuhan langsung
dengan makanan;
• Menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun antibakteri bagi
pelanggan dan pegawai yang mudah diakses oleh pekerja dan
Pelaku usaha;
• Menyediakan alat bantu seperti sarung tangan dan/atau penjepit
makanan untuk meminimalkan kontak langsung dengan makanan
siap saji dalam proses persiapan, pengolahan dan penyajian makanan
serta pelindung wajah sesuai pedoman keselamatan dan
kesehatan kerja;
• Melakukan pengecekan suhu tubuh bagi seluruh pekerja
sebelum memulai bekerja dan pengunjung di pintu masuk dengan
ketentuan suhu <37,30 C; • Kapasitas pengunjung tidak lebih dari 50 % dari kapasitas normal; • Mengharuskan bagi karyawan dan pengunjung untuk menggunakan masker; • Apabila ada karyawan yang memiliki gejala demam, batuk, pilek dan sesak napas tidak diperbolehkan untuk masuk bekerja dan melakukan pemeriksaan kesehatan. b. Terhadap penyedia kegiatan rekreasi/wisata diperbolehkan melakukan operasional dengan syarat telah memenuhi protokol kesehatan sebagai berikut : • Melakukan rapid test bagi karyawan yang melakukan kontak langsung dengan pengunjung secara berkala; • menyediakan fasilitas cuci tangan yang memadai, hand sanitizer yang mudah diakses oleh pekerja dan konsumen/pelaku usaha; • Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan mencantumkan tulisan/gambar di tempat yarg mudah dilihat sebagai media pengingat bagi karyawan dan pengunjung; • Kapasitias pengunjung tidak lebih dari 50 % dari kapasitas normal: • Disinfeksi seluruh fasilitas umum sesaat sebelum beroperasional; • Pembersihan secara berkala pada area yang sering disentuh publik setiap 4 jam sekali; • Mewajibkan pekerja dan pengunjung menggunakan masker dan menerapkan physical distancing minimal 1 ,2 meter; • memindai suhu tubuh pekerja sebelum mulai bekeria serta suhu tubuh pengunjung secara sopan di pintu masuk dengan ketentuan suhu <37,30 C; • Apabila ada karyawan yang memiliki gejala demam, batuk, pilek dan sesak napas tidak diperbolehkan untuk masuk kerja dan melakukan pemeriksaan kesehatan. C. Pelaku usaha klab malam/musik hidup/pub, karaoke, panti pijat, spa/panti mandi uap/sauna dan refleksi keluarga diperbolehkan melakukan operasional dengan syarat boleh memenuhi protokol kesehatan sebagai berikut : • Melakukan rapid test bagi karyawan yang melakukan kontak langsung dengan pengunjung secara berkala; • Menyediakan fasilitas cuci tangan yang memadai dan hand sanitizer yang mudah diakses oleh pekerja dan konsumen/pelaku usaha; • Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan mencantumkan tulisan/gambar di tempat yang mudah dilihat sebagai media pengingat bagi karyawan dan pengunjung; • Kapasitas pengunjung tidak lebih dari 50 % dari kapasitas normal; • Disinfeksi seluruh fasilitas umum sesaat sebelum beroperasional; • Pembersihan secara berkala pada area yang sering disentuh publik setiap 4 jam sekali; • Mewajibkan pekerja dan pengunjung menggunakan masker dan menerapkan physical distancing minimal 1, 2 M; • Memindai suhu tubuh pekerja sebelum mulai bekerja serta suhu tubuh pengunjung secara sopan di pintu masuk < 37,30 C; • Apabila ada karyawan yang memiliki gejala demam, batuk, pilek dan sesak nafas tidak diperbolehkan untuk masuk bekerja dan melakukan pemeriksaan kesehatan; d. Jasa Perawatan Kecantikan/Rambut dan sejenisnya diperbolehkan melakukan operasional dengan syarat telah memenuhi protokol kesehatan sebagai berikut : • Memperhatikan informasi terkini serta himbauan dan instruksi pemerintah pusat dan pemerintah daerah terkait COVID-19 di wilayahnya lnfomasi tersebut secara berkala dapat diakses pada laman https://infeksiemerging.kemkes.go.id, www.covid-19.go.id, dan kebijakan pemerintah daerah setempat; • Melakukan rapid test bagi karyawan yang melakukan kontak Langsung dengan pengunjung secara berkala; • Menyediakan sarana cuci tangan menggunakan sabun antibakteri atau hand sanitizer di pintu masuk dan tempat lain yang mudah diakses pelanggan/pengunjung; • diwajibkan setiap orang yang akan masuk untuk mencuci tangan pakai sabun antibakteri dengan air yang mengalir atau menggunakan hand sanitizer; • Pastikan pekerja memahami COVID-19 dan cara pencegahannya; • Larangan masuk bagi pekerja/pengunjung/pelanggan yang memiliki gejala demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan/atau sesak nafas atau memiliki riwayat kontak dengan orang terkena COVID-19; • Melakukan pemeriksaan suhu tubuh di pintu masuk jika ditemukan pekerja atau pelanggan/pengunjung dengan suhu <37,3 °C (dua kali pemeriksaan dengan jarak 5 menit) tidak diperkenankan masuk; • Mewajibkan semua pekerja mengenakan alat pelindung diri terutama masker, pelindung wajah (faceshield) alat pelindung mata (eye protection) dan celemek selama bekerja; • Menyediakan peralatan yang akan digunakan oleh pelanggan agar tidak ada peralatan yang digunakan secara bersama oleh para pelanggan seperti handuk, celemek, alat potong rambut, dan lain sebagainya. Peralatan dan bahan dapat dicuci dengan detergen atau disterilkan dengan disinfektan terlebih dahulu; • Menjaga kualitas udara di tempat usaha atau di tempat kerja dengan mengoptimalan sirkulasi udara dan sinar matahari masuk serta dengan pembersihan filter AC; • Mengupayakan pembayaran secara non-tunai (cashless) dengan memperhatikan disinfeksi untuk mesin pembayaran. Jika harus Bertransaksi dengan uang tunai, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer setelahnya; • Memastikan seluruh lingkungan jasa perawatan kecantikan/rambut dan sejenisnya dan peralatan yang gunakan dalam kondisi bersih dengan melakukan pembersihan dan disinfeksi secara berkala sebelum dan sesudah digunakan; • Melakukan pembersihan dan disinfeksi (paling sedikit tiga kali sehari) pada area dan peralatan terutama pada permukaan kursi, pegangan pintu, dan peralatan lain yang sering disentuh; • Menerapkan jaga jarak dengan berbagai cara seperti: 1. Mengatur jaga jarak minimal 1 meter pada saat antri masuk dan Membayar di kasir dengan memberikan tanda di lantai. Bila memungkinkan ada pembatas pelanggan/pengunjung dengan kasir berupa dinding plastik atau kaca; 2. Pengaturan jarak antar kursi salon/cukur dan lain sebagainya minimal 1 meter dan tidak saling berhadapan atau pemasangan partisi kaca/mika/plastik. e. Untuk usaha pariwisata hotel, pemilik gedung pertemuan, jasa penyelenggara event/pertemuan, kolam renang, lokasi daya tarik wisata, jasa ekonomi kreatif mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan standar usaha jasa kepariwisataan yang sudah ditetapkan sepanjang belum ada perubahan; f. Untuk Kegiatan Fasilitas Umum dapat dilaksanakan dengan pembatasan kapasitas sebesar 50% (lima puluh persen), sesuai undang-undang yang berlaku dan dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat; dan g. Kegiatan seni, sosial dan budaya yang dapat menimbulkan kerumunan dapat dilaksanakan Maksimal 25% (dua puluh lima persen) dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat; (2) WAKTU OPERASTONAL a- Waktu Operasional untuk Kategori Hiburan Umum: 1. Klab malam mulai pukul 15.00 WIB sampai dengan 23.00 WIB; 2. Bar mulai pukul 15.00 WIB sampai dengan 23.00 WIB; 3. Karaoke mulai pukul 12.00 WIB sampai dengan 23.00 WIB; 4. Bioskop mulai pukul 12.00 WIB sampai dengan penayangan film terakhir pukul 21.00 WB; 5. Pub mulai pukul 16.00 WIB sampai dengan 23.00 WlB; 6. Bilyard mulai pukul 12.00 WlB sampai dengan 23.00 WIB; 7. Panti Pijat/Refleksi/SPA mulai pukul 12.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB; 8. Arena Permainan Anak/Gelanggang Permainan Mekanik mulai pukul 12.00 WIB sampai dengan 22.00 WlB. b. Untuk Rumah Makan/Restoran/Usaha Sejenisnya dan Cafe dine / makan ditempat diperbolehkan sampai dengan pukul 22.00 WlB, diatas jam tersebut hanya diperbolehkan untuk take away/drive Thru dengan jam operasional sampai pukul 23.00 WlB (berlaku untuk Rumah makan/Restoran/Usaha diluar mall); c. Unfuk Rumah Makan/Restoran/usaha sejenis dan Cafe, kegiatan live music diperbolehkan sampai dengan pukul 22.00 WIB dengan max 5 (lima) orang personil, penyanyi hanya dari group pengisi acara live music, dan pengunjung tidak diperbolehkan melakukan Kegiatan/gerakan yang mengundang kerumunan (berjoget); d. Untuk penyelenggara acara Wedding di Hotel, Mice/Gedung Pertemuan, Pihak Catering dan Sejenisnya, diperbolehkan menyelenggarakan acara dengan ketentuan : 1. Jam Operasional mulai pukul 08.00 WIB sampai dergan pukul 22.00 WIB; 2.Pola penyajian makanan disajikan oleh Pramusaji/Petugas dari pihak Catering/Penyelenggara acara di meja masing - masing dengan pengawasan yang ketat oleh petugas serta tetap melaksanakan protokol kesehatan dan tetap menjaga agar tidak terjadi kerumunan dan menerapkan physical distancing; 3. Kegiatan live music/organ tunggal diperbolehkan dengan penyanyi atau pengisi acara hanya dari group musik itu sendiri, tidak diperkenankan penyanyi dari tamu atau diluar group musik; dan 4. Tetap melaksanakan protokol kesehatan, menjaga agar tidak Terjadi kerumunan serta meneraplan physical distancing, dengan kapasitas pengunjung/tamu 50% (lima puluh persen) dari total kapasitas ruangan. e. Untuk Gelanggang Olahraga/Pusat Kebugaran diperbolehkan Menyelenggarakan acara mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WlB. Khusus untuk kolam renang diperbolehkan menyelenggarrkan acara pukul 08.00 WIB sampai pukul 18.00 WlB. B. Dengan berlakunya Surat Edaran ini, maka Surat Edaran Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid -19 dan Transformasi Pemulihan Ekonomi Kota Bekasi Nomor 556/612/SET.COVID.l9 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dalam Upaya Penanganan dan Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid -19) di Kota Bekasi Pada Sektor Jasa usaha Kepariwisataan, Hiburan dan perdagangan (Area Publik) di Kota Bekasi dinyatakan tidak berlaku. (Adv) Sumber Berita: Humas Pemkot Bekasi

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *