BPK Temukan Kebocoran Uang Parkir Rp2 M Lebih, Dishub Kota Bekasi Segera Lakukan Perbaikan

by -45 views
Ilustrasi
0 0
Read Time1 Minute, 27 Second

DINAS Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi segera melakukan perbaikan dan membuat regulasi pemungutan retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum. Hal itu berkaitan dengan hasil temuan Badan Pemerika Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Jawa Barat yang menyebutkan adanya kebocoran dari sektor parkir tahun 2020 senilai Rp2 miliar lebih.

Dinas Perhubungan Kota Bekasi juga segera menetapkan titip parkir tepi jalan umum sebagai dasar perhitungan potensi pendapatan retribusi tepi jalan.

Badan Pendapatan Daerah Kota Bekasi juga telah menindaklanjuti rekomendasi BPK RI dengan melakukan analisa perhitungan, evaluasi atas potensi pendapatan untuk masing-masing jenis pajak dan retribusi secara berkala untuk menjadi dasar perhitungan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang telah diatur dalam peraturan daerah.

Seperti diketahui bersama, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mendapatkan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2020 dari BPK Perwakilan Jawa Barat pada Mei 2021 lalu.

Prestasi ini menjadi kali keenam Pemkot Bekasi meraih Opini WTP dari BPK RI. Sebagai ungkapan syukur meraih WTP, pegawai laki-laki Pemkot Bekasi pun menggunduli kepalanya.

Opini WTP diperoleh dalam hal penyusunan laporan keuangan daerah yang sudah memenuhi Standar Akuntansi Pemerintahan sesuai dengan dasar hukum, kecukupan pengungkapan, sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap perundang-undangan dalam pengelolaan keuangan daerah.

Meski mendapatkan opini WTP, Pemkot Bekasi juga mendapatkan rekomendasi atas sejumlah temuan terhadap pengelolaan keuangan. Diantaranya dari sektor pendapatan, pembiayaan belanja daerah, dan pengelolaan aset.

Dari segi pendapatan, BPK RI telah memberikan rekomendasi untuk perbaikan pengelolaan pendapatan daerah seperti temuan hilangnya potensi pendapatan dari retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum senilai Rp 2.139.600.000 tahun 2020.

Menindaklanjuti rekomendasi tersebut, Dishub Kota Bekasi segera membuat regulasi terkait pemungutan retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum yang ditetapkan Walikota Bekasi Rahmat Effendi. (Adv)

Sumber berita: Humas Pemkot Bekasi

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *