Dinas Koperasi dan UKM : Jumlah Koperasi di Kabupaten Bekasi 1.495 Unit

by -20 views
Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja saat meresmikan salah satu gedung koperasi di wilayah Cikarang Barat
0 0
Read Time1 Minute, 3 Second

DINAS Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Bekasi telah melakukan pendataan koperasi. Dengan begitu, keberadaan koperasi lebih dimaksimalkan agar bisa memberikan manfaat kepada masyarakat Kabupaten Bekasi.

Dari data yang ada, jumlah koperasi yang ada di Kabupaten Bekasi mencapai 1.495 dengan rincian koperasi wilayah keanggotaan kabupaten mencapai 1.294, wilayah keanggotaan provinsi dan nasional sebanyak 201.

Sementara, koperasi yang aktif mencapai 691 dan yang tidak aktif 804. Koperasi yang melaksanakan Rapat Akhir Tahun atau RAT tahun buku 2020 sebanyak 39 koperasi.

“Untuk koperasi yang aktif baru sebagian kita ikut sertakan pelatihan yang kami selenggarakan,” jelas Kabid Pengawasan Dinas Koperasi dan UKM, Syahwono Adji, Kamis (10/6/2021).

Selain itu, Dinas Koperasi dan UKM juga akan membantu sesuai dengan kebutuhan koperasi. Misalnya saja mengenai pengelolaan manajemen, pengelolaan keuangan dan lainnya.

Syahwono menjelaskan, bagi koperasi yang tidak aktif akan dilakukan pendataan mengenai penyebab ketidakaktifannya. Dinas Koperasi akan bersusaha membantu agar koperasi tersebut bisa berjalan normal kembali.

“Kita liat kondisinya nanti, kalau masih bisa kita fasilitasi untuk dibantu akan kita bantu cari solusi,” katanya.

Menyinggung pembubaran koperasi yang tak lagi aktif, Syahwono mengakui tak bisa berbuat banyak. Sebab Dinas Koperasi tidak memiliki kewenangan untuk melakukan pembubaran koperasi.

“Untuk pembubaran kita tidak punya kewenangan. Paling hanya bisa menyampaikan laporan ke kementrian saja,” katanya.(Adv)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *