Ormas Pemuda Batak Bersatu Gandeng Polres Metro Bekasi Adakan Vaksinasi Covid-19

by -538 views
Ketua Umum DPP Pemuda Batak Bersatu, Lambok F Sihombing di tengah pelaksanaan vaksinasi Covid-19, Sabtu (31/7/2021)

ORGANISASI Masyarakat Pemuda Batak Bersatu (Ormas PBB) menggandeng Polres Metro Bekasi mengadakan vaksinasi Covid-19 untuk 1.500 orang di Kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pemuda Batak Bersatu, Jalan Kalimalang Ruko Pasar Bersih, Desa Jayamukti, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Sabtu (31/7/2021).

Pantauan Koran Bekasi, masyarakat sekitar sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Ribuan masyarakat sejak pagi sudah berdatangan, sehingga pelaksanaan vaksinasi pun berlangsung hingga sore hari dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Vaksinasi ini dilakukan untuk mensukseskan program pemerintah menargetkan sejuta vaksinasi sehari di seluruh tanah air. Tujuannya agar herd immunity atau kekebalan kelompok masyarakat segera terbentuk.

Warga yang akan menjalani vaksinasi terlebih dulu melakukan skrining untuk memastikan apakah layak divaksin atau tidak. Di antaranya, cek tekanan darah serta beberapa pertanyaan seputar kesehatan dari petugas.

“Kegiatan ini hasil kerja sama kita dengan Polres Metro Bekasi. Polres Metro Bekasi yang menyediakan vaksinnya, kami menyediakan vaksinatornya. Ini cara Pemuda Batak Bersatu ikut serta mensukseskan program vaksinasi,” kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PBB, Lambok Sihombing kepada Koran Bekasi.

Ia menjelaskan, vaksinator yang disiapkan adalah relawan PBB yang bekerja sebagai tenaga kesehatan di beberapa instansi. Sebelum mereka diterjunkan, sudah mengikuti pelatihan vaksinator.

“Kita menyiapkan sebanyak 24 relawan vaksinator, agar dapat melayani 1500 orang. Kami juga sudah menyiapkan ini dua minggu sebelum pelaksanaan. Saya mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksinasi, tak perlu ragu dan takut untuk divaksin ,” ucap Lambok.
Ia mengugkapkan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka mensukseskan vaksinasi dalam mempercepat penanggulangan Pandemi Covid-19. Pihaknya juga sudah melakukan vaksinasi yang sama di berbagai daerah. Namun, yang terbanyak di Cikarang hingga 1500 warga.

“Respon masyarakat sangat luar biasa, hari ini sudah ada 1500 orang yang mendaftar untuk divaksinasi,” tutur Lambok.

Untuk itu, Lambok berharap dengan divaksinnya masyarakat dapat mempercepat proses pemulihan kesehatan nasional dalam upaya mendukung pemerintah mencegah penyebaran Covid-19.

“Dengan tervaksinnya warga, semoga dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan kita dapat segera beraktivitas kembali dengan normal,” harapnya.

Hal yang sama juga dikatakan Ketua DPD Pemuda Batak Bersatu Jawa Barat, Hendrik L Sihotang. Menurut dia, vaksin gratis untuk masyarakat ini dapat terselenggara berkat kolaborasi DPD Pemuda Batak Bersatu Jawa Barat bersama DPC Pemuda Batak Bersatu Kabupaten Bekasi yang ada di Jawa Barat.

“Secara teknis kita juga berkolaborasi dengan pemerintahan setempat agar masyarakat yang belum divaksin dapat segera dilakukan vaksinasi gratis ini,” ujar Eric, panggilan akrabnya.

Eric menambahkan, Pemuda Batak Bersatu selalu mendorong agar masyarakat bisa mendapatkan vaksin dengan baik sebagai bentuk kepedulian Ormas PBB untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Untuk wilayah Provinsi Jawa Barat, pihaknya juga sedang mempersiapkan vaksinasi di Kabupaten Karawang dan Purwakarta.

“Atas terlaksananya vaksin ini kami mengucapkan terimakasih kepada pihak Polres Metro Kabupaten Bekasi serta seluruh masyarakat yang sudah ikut mensukseskan pelaksanaan vaksin ini,” ujar Eric.

Dilokasi yang sama, Kasat Sabhara Polres Metro Bekasi, AKBP Jasalmon Sihombing mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mempercepat vaksinasi agar bisa terbentuk herd immunity di masyarakat, sehingga pandemi Covid-19 ini segera berakhir.

“Ini bentuk percepatan vaksinasi, sehingga bisa tercapai target herd immunity agar pandemi ini cepat berakhir,” jelas Jasalmon saat meninjau pelaksanaan vaksinasi.

Dia sangat mengapresiasi organisasi PBB yang ikut serta menggelar vaksinasi. Karena menurutnya, hal itu akan membantu pemerintah dalam mencapai target pelaksanaan vaksinasi.

“Saya sampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Pemuda Batak Bersatu yang telah ikut berperan mensukseskan vaksinasi ini,” kata Jasalmon.

Menurut dia, kegiatan serupa menjadi salah satu prototipe sekaligus lokomotif utama bahwa vaksinasi ini harus disukseskan oleh semua stakeholder termasuk organisasi kepemudaan lainnya.

“Dalam pencapaian percepatan vaksinasi ini, sudah semua Ormas kita libatakan. Tapi yang pertama kerjasama dengan kita baru Ormas Pemuda Batak Bersatu,” ungkap Jasalmon.

Salah seorang peserta vaksinasi, Anggi (28) menyambut atusias kegiatan yang digelar Ormas PBB. Menurutnya, usai divaksinasi dia hanya merasakan pegal dan dirasa biasa. Dirinya mengaku merasa terbantu dengan penyelenggaraan vaksinasi tersebut.

“Saya dapatkan informasi ada vaksinasi, ya terus saya ikut ingin divaksin, karena harapan saya dengan telah divaksin untuk mendapat kekebalan dalam tubuh (sehat). Dan saya juga berharap pandemi ini dapat segera berakhir, Indonesia cepat pulih,” harapnya.
Sementara, Ketua Panitia gerai vaksinasi presisi Susando Sitohang menyampaikan, pelaksanaan vaksinasi massal dosis pertama ini dimulai dari pukul 07.30 persiapan sampai selesai dengan kuota kurang lebih 1.500 dosis.

“Kita siapkan hingga seribu lima ratus, sehingga bisa dimungkinkan berlangsung hingga sore. Awalnya kita siapkan seribu, namun karena banyak peminat (pemohon) jadi kita tambahkan,” kata pria yang juga menjabat Panglima DPC PBB Kabupaten Bekasi.

Lebih lanjut Susando menjelaskan, dengan tambahan dan target diharapkan masyarakat umum Kabupaten Bekasi mendapat vaksinasi, sehingga percepatan vaksinasi bagian dari program pemerintah dapat terbantu, dan khususnya dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bekasi.

“Vaksin tahap pertama hari ini kita harapkan berjalan lancar dan sukses, sehingga kedepan vaksinasi tahap kedua rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 28 hingga 29 Agustus 2021,” ungkap Susando mewakili Ketua DPC PBB Kabupaten Bekasi, Ali Harjono Gultom.

Dia juga mengingatkan bagi warga masyarakat yang sudah divaksin agar tetap menerapkan prokes secara disiplin.

“Jangan setelah divaksin terus mengabaikan protokol kesehatan, tidak memakai masker dan sebagainya. Itu tidak boleh, tetap lakukan dengan disiplin protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah,” pungkasnya. (pirlen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.