Memberikan Pemahaman Pola Hidup Sehat dan Pelatihan Penulisan Feature Dalam Sebuah Kegiatan Program Kuliah Kerja Nyata

by -87 views

Oleh Muhammad Firdausy
(41182037180051/Mahasiswa Unisma Bekasi

 

KULIAH Kerja Nyata Domisili Tinggal (KKN-DT) Unisma Bekasi ini dilaksanakan di Pondok Ungu Permai Sektor V, Kecamatan Babelan, Kelurahan Bahagia, Kabupaten Bekasi. Dalam KKN ini dilakukan secara individu pada wilayah tempat tinggal masing-masing mahasiswa. Kegiatan KKN dilakukan yaitu berupa sosialisasi di salah satu masjid sebagai tempat anak-anak untuk belajar mengaji.

Pelaksanaan kegiatan KKN ini merupakan program sosialisasi memahami pola hidup sehat di masa pandemi Covid-19 yang telah dibuat dalam agenda KKN-DT yang dilaksanakan di Pondok Ungu Permai Sektor V, Kecamatan Babelan, Kelurahan Bahagia, Kabupaten Bekasi. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak usia 10 sampai 12 tahun di karenakan masih banyak yang mengabaikan pola hidup sehat dan sangat disayangkan apabila masih berusia anak-anak namun masih saja mengabaikan pola hidup sehat, serta memberi pelatihan dalam penulisan karya feature kepada remaja yang ingin belajar menulis feature secara baik dan benar dengan diadakan berupa seminar online melalui video zoom meeting serta mengundang pembicara yaitu Miftakhudin, MIKom selaku Wakil Pimpinan Redaksi Radar Bekasi sekaligus juga Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Islam 45 Bekasi.

Ide kegiatan ini bermula dari ketertarikan saya dengan profesi di bidang wartawan yang selalu menulis berita feature lalu ditampilakn di media massa. Maka dari itu, saya melakukan sebuah program seminar pelatihan penulisan feature secara online yang di selenggarakan pada 10 September 2021 di Pondok Ungu Permai Sektor V, Kecamatan Babelan, Kelurahan Bahagia, Kabupaten Bekasi.
Pelaksanaan KKN-DT ini berlangsung selama dua hari. Ada beberapa tahapan yang perlu dipersiapkan yang terdiri dari tiga tahapan yakni: tahapan pertama melakukan survey tempat (dari meminta izin kepada ketua RT 02 / RW022 dan guru pengajian), tahap kedua pembuatan ringkasan materi tentang literasi pola hidup sehat di mana pandemi Covid-19 menggunakan sumber web resmi Halodoc.com, serta tahap ketiga yaitu melakukan agenda seminar online bersama pembicara nara sumber.

Dalam kegiatan KKN-DT yang berlangsung dua hari ini tidak adanya hambatan sama sekali, karena warga dan para remaja di lingkungan RT 02 / RW 022 sangat antusias untuk mengikuti serta mendukung kegiatan tersebut. Dari hasil sosialisasi tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan adanya program tersebut kini bisa menerapkan pola hidup sehat di masa pandemi Covid-19. Selain itu dengan adanya penambahan materi sosialisasi mengenai literasi pola hidup sehat di masa pandemi Covid-19 dapat berhati-hati khususnya bagi para anak-anak dan remaja untuk selalu menjaga pola hidup sehat.

Adapun tanggapan dari warga terkait sosialisasi Covid-19, yaitu kini warga RT 02 / RW 022 mengerti betapa pentingnya gaya pola hidup sehat di masa pandemi dan juga selalu tetap menerapkan protokol kesehatan.
Sedangkan dari hasil kegiatan pelatihan penulisan feature para remaja antusias mengikuti pelatihan ini dan juga ada salah satu peserta pelatihan yang memberi tanggapan terkait kegiatan ini, yaitu kegiatan ini sangat bermanfaat dikarenakan adanya pelatihan penulisan feature sehingga bisa memahami bagaimana cara menulis feature dengan baik dan benar khususnya para remaja yang ingin memulai menulis sebuah karya feature. Kini para remaja sudah memulai mencoba menulis karya feature di blogger saja, oleh karena itu harapan buat para remaja agar bisa rajin lagi untuk menulis karya feature dengan baik. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.