Menilik Museum Sejarah Islam Satu-satunya di Indonesia Yakni di Kabupaten Bekasi

Umum1836 Dilihat

MUSEUM sejarah Islam merupakan satu-satunya di Indonesia yang mendapatkan lisensi dari Kedubes Turki. Museum ini hanya ada di dua negara, yaitu Indonesia dan Malaysia.

Salah satunya, museum sejarah Islam ini berlokasi di Jalan Harapan Indah Boulevard, Pusaka Rakyat, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi.

Museum ini sudah dibuka sejak Agustus 2022, dan pada tahun 2023 hanya sebagai penyempurnaan.

Dalam museum, terdapat 39 koleksi dari berbagai milik sahabat Nabi, juga para tabiin. Di museum ini pun, kita bisa belajar dari 5 zona sejarah keagungan Islam, yaitu zona Rasulullah, zona Babilonia, zona Mesir, zona sahabat, dan zona Nusantara.

Di museum sejarah Islam menyimpan banyak sekali peninggalan, mulai dari tongkat Nabi Musa, sorban Nabi Yusuf, serta peninggalan dari Rasulullah yaitu pedang, sandal, sampai cincin yang dipergunakan sebagai stempel dalam surat menyurat. Selain itu, ada pula replika rumah Nabi Muhammad dan rumah Allah yaitu Ka’bah.

Semua koleksi yang berada di museum tersebut merupakan replika dengan skala satu banding satu, dengan museum topkopi yang berada di Istanbul Turki.

Pasalnya, museum ini dibuat sebagai sarana edukasi bagi anak-anak muslim terkait perjuangan Rasulullah dan para sahabatnya.

Sehingga museum ini bisa dijadikan destinasi tempat wisata bersama keluarga, maupun teman, serta dapat dijadikan study tour bagi para siswa-siswi.

Seperti halnya Masitoh yang berkunjung ke museum sejarah Islam tersebut bersama keluarganya. “Bagus banget ya, ini juga untuk anak-anak juga bagus, karna kita dapat mempelajari dan mengetahui tentang sejarah-sejarah Islam yang sudah kita pelajari mungkin dari sejak masih kecil, dan itu nambah pengetahuan juga sih,” ujarnya.

Hal serupa juga diungkapkan pula oleh Nining asal Bekasi Utara. “Ketika melihat museum sejarah Islam di Harapan Indah ini, rasanya itu bahagia walaupun cuma hanya melihat replika saja di sana tetapi kita bisa belajar dan mengetahui sejarah-sejarah dari yang kita ngga tahu sampai tahu. Dan kita bisa dijelasin satu persatu tentang sejarah barang tersebut dan di sambut hangat oleh komando,” tuturnya.

Harga tiket masuk ke museum tersebut juga terbilang cukup terjangkau, pengelola menarif harga sekitar Rp30.000 perorang untuk berkunjung ke museum sejarah Islam yang ada di Bekasi ini.

Lalu setelahnya kamu dapat melihat sejumlah replika, yang akan dipandu dan dijelaskan oleh petugas yang ada di museum tersebut. (Sheila, Mahasiswi STAI At-Taqwa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *