HBH Ikapsi Komit Majukan Kampung Halaman

Umum221 Dilihat

Hal Bi Halal Ikapsi dan masyarakat perantauan Sipirok sekitarnya di Gedung Serbaguna Jl New Delhi No 1 Senayan, Jakarta Pusat

PARA perantau yang berasal dari Sipirok, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara dan sekitarnya, memiliki komitmen yang kuat, untuk tetap berperan, membangun kampung halaman (bona bulu), menuju kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakatnya. Komitmen itu, menjadi titik berat atau inti dari acara Halal Bi Halal (HBH), Ikapsi dan Masyarakat Sipirok Narobi (sekitarnya), Minggu (5/5/2024), Gedung Serbaguna Jl New Delhi No 1 Senayan, Jakarta Pusat.

Ketua Panitia Pelaksana Arpan Siregar menjelaskan, Ikapsi bersama masyarakat Sipirok Narobi di perantauan, khususnya Jakarta sekitarnya terakhir kali melaksanakan HBH adalah pada tahun 2018 lalu. Sehingga, sangat pantas rasanya, seluruh anggota Ikapsi dan masyarakat Sipirok Narobi yang ada di perantauan mendukung suksesnya acara yang dibingkai silaturahmi itu.

Ketua Umum Ikapsi (Induk Keluarga Alumni Pelajar Sipirok Indonesia) Raja Parlindungan Pane menyebut, sejak diberi amanah menakhodai Ikapsi, telah membuat berbagai terobosan, yang muaranya, terwujutnya kampung halaman yang lebih berkembang, maju dan masyarakat sejahtera.

“Tahun lalu, di tempat ini dihadiri sekitar 1.500 peserta, kita menggelar acara ‘mangalomang’. Ada juga kegiatan ‘mulak tuhuta’ pada Hari Raya tahun lalu. Pembentukan DPD Ikapsi dibeberapa daerah dan kota, seperti Batam,” terangnya.

Pada kesempatan itu, wartawan senior yang juga pengurus PWI Pusat ini menyinggung, Ikapsi juga telah membangun komunikasi dan kemitraan dengan Pemerintah Daerah, agar program pembangunan lebih tepat sasaran demi terwujutnya kemajuan di Sipirok seperti yang diharapkan.

“Saat acara mulak tuhuta, kita memotong kerbau, ‘marhorja’ (pesta adat). Bupati dan jajarannya turut serta. Acaranya sangat luar biasa. Tetapi, didalam meriahnya acara itu, kami pengurus tetap memiliki semangat saat itu, untuk merubah nama alun-alun menjadi adian pardomuan. Dan itu telah disetujui Bupati,” terangnya.

Selain itu sambungnya, Ikapsi juga memiliki motivasi yang tinggi, untuk menjadikan ‘Adian Pardomuan’ menjadi tempat nongkrong, tempat diskusi terutama bagi generasi muda. Dengan begitu, UMKM akan semakin berkembang sehingga perputaran uang semakin baik.

“Harapan kami di Adian Pardomuan disediaakan Wi Fi, sehingga tempat itu menjadi tujuan pavorit bagi anak-anak muda yang berdampak pada meningkatnya UMKM,” terangnya, seraya menitip pesan pada Bupati melalui perwakilan, agar lampu bertuliskan Alun- Alun Sipirok, juga diganti saja.

Hadir pada acara itu, tokoh perantau asal Sipirok, seperti Muslimin Siregar, Riswandy Siregar, Anshari Ritonga, Rajab Ritonga, Staf Ahli Bupati, Ali Akbar Hutasuhut, Ka UPT RSUD Tapsel drg M Firfaus Batubara, Kadis Sosial, Parlindungan Harahap dan Ketua Harian DPP Ikapsi, Halim Piliang. (Amran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *