“Selamat Datang, Ahlan wa Sahlan, Semoga Mabrur …”

by -13,593 views

Laporan Langsung Dari Tanah Suci

Oleh  Ust H Hasnul Kholid P SE MM

(Ketua KBIH An Namiroh Kota Bekasi)

Labbaikallahumma Labbaik, Labbaika Laa Syarikalaka Labbaik, Innalhamda Wan Ni’mata, Laka Wal Mulk, Laa Syarikalak

Ungkapan dan ucapan itulah saat ini menghiasi langit Makkah Al Mukkaromah, bertalbiah silih berganti, dengan hati tertuju pasrah kehadirat Allah SWT, penuh dengan  semangat, harapan untuk menggapai Haji Mabrur, yakni Sorga.

Memasuki hari ke-19, jumlah jamaah haji dan petugas yang telah berada di Tanah Suci telah mencapai 123.158 orang, yang berasal dari 317 kloter. Termasuk didalamnya Jamaah haji yang saya pimpin di Kloter 50 JKS, maktab 45, baru tiba di Makkah pada Senin (22/7) langsung menuju Rumah 708 di sektor 7 daerah MISFALAH pada pukul 22.45 Waktu Arab Saudi.

Dan tanpa menunggu waktu, seusai menerima kunci kamar dan istirahat sejenak, pukul 01.00 dini hari, dengan kegembiraan kami menuju Baitullah untuk melaksanakan Tawaf, Sa’i dan Tahallul, hingga pukul 05.45 dipagi hari. Allahu Akbar.

Ada hal yang menarik dan berbeda pada pelaksanaan haji tahun ini dibanding tahun2 sebelumnya :

  1. Penyambutan pihak Panitia Arab Saudi saat kami tiba di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, sangatlah akrab. Tanpa melalui counter Imigrasi (sebab sudah dilaksanakan di SOETA), kami disambut dengan keceriaan melewati ruang yang penataannya yang sangat apik, dan dengan ucapan : Selamat datang, ahlan wa sahlan, semoga Mabrur … dengan logat arab, dan kamipun menjadi tersipu dengan sambutan hangat tersebut.
  2. Begitu tiba di Maktab 708, daftar nama2 jamaah ternyata sudah ditempel di pintu kamar hotel kami, sehingga para Karom (Ketua Rombongan) tidak perlu susah payah membagi para jamaahnya, sebab sudah terpasang, dan kamipun diarahkan ke lantai 5, dan dipintu kamar sudah ada nama jamaah masing-masing. Alhamdulillah.
  3. Arab Saudi Daker Makkah menyiapkan layanan bus Shalawat untuk jamaah calon haji Indonesia selama berada di Makkah. Layanan bus untuk memudahkan jamaah dari hotel menuju Masjidil Haram dan sebaliknya. Ada sembilan rute bus shalawat dengan dilengkapi tiga terminal dan 56 halte di titik tertentu. Bus Shalawat tersebut merupakan proses kontrak kerja sama dengan dua perusahaan bus di Arab Saudi, yaitu perusahaan Saptco dan Rawahil Armada. Total ada 463 armada bus yang akan disiapkan. Bus-bus tersebut akan beroperasi bertahap sesuai kedatangan jamaah haji Indonesia di Makkah. Ada tujuh zona hotel jamaah haji Indonesia, yaitu: Syisyah, Raudhah, Misfalah, Jarwal, Mahbas Jin, Rei Bakhsy, dan Aziziah. Jarak terdekat hotel jemaah Indonesia ke Masjidil Haram adalah radius 1.000 meter, dengan layanan 24 jam. Allahu Akbar.
  4. Menu makan para jamaah haji, tahun ini ada perbedaan dan ciri khas, yaitu Jamaah akan mendapatkan menu khas daerah, sebanyak tiga kali dalam satu pekan. Rencananya menu tersebut akan diberikan pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Makanan dengan menu zonasi ini berisi menu-menu khas dari masing-masing daerah. Misalnya, rawon bagi jemaah dari embarkasi Surabaya, soto betawi untuk jemaah embarkasi Jakarta, hingga pindang ikan patin untuk jemaah dari Sumatera. Khusus di Makkah, para penyedia katering pun telah berkomitmen akan menyajikan menu tambahan bubur kacang hijau setiap usai sholat Jumat. Jadi bagi jemaah yang misalnya tinggal di Makkah selama 20 hari, maka paling tidak, ia minimal dapat menikmati bubur kacang hijau sebanyak dua kali

Luar Biasa, suhu di Makkah siang hari, bisa mencapai 41 derajat. Dan itu tidak menyurutkan Jamaah untuk Sholat di Masjidil Haram. Dan tentu saja dengan bekal air minum yang selalu dibawa dan menggunakan masker.

Jamaah yang kesasar, masih sering kami jumpai. Dan rata-rata mereka yang kesasar itu, jamaah yang usia lanjut yang terpisah dari rombongan. Yang lebih mengenaskan adalah usia lanjut dan tidak membawa atribut Maktab serta sulit sekali untuk berkomunikasi berbahasa Indonesia.

Nah, kami hanya bisa berharap, semoga para ketua Kloter senantiasa membekali atribut Hotel atau maktab kepada setiap jamaahnya, agar kalau kesasar, bisa dibantu oleh siapa saja.

Semangat berhaji bagi ummat Muslim, tentu sangat diharapkan betul, sebab :

  1. Dengan haji yang mabrur, maka ibadah haji adalah salah satu di antara ibadah yang paling utama.

Dalam riwayatnya, Abu Hurairoh  berkata:

سُئِلَ رَسُوْلُ الله : “أيُّ الْعَمَلِ أَفْضَلُ؟” قَالَ: إِيْمَانٌ بِالله وَ رَسُولِهِ. قِيلَ: ثُمَّ مَاذَا؟ قَالَ: الْجِهَادُ فِيْ سَبِيْلِ الله, قِيلَ: ثُمَّ مَاذَا؟ : قَالَ : حَجٌّ مَبْرُورٌ

Rosululloh S.A.W. ditanya: “Amal ibadah apakah yang paling utama?”

Beliau bersabda: “Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.” Dikatakan kepadanya: “Kemudian apa?” Beliau bersabda: “Jihad di jalan Allah.” Dikatakan kepadnya: “Kemudian apa?” Beliau bersabda: “Haji yang mabrur.” (HR Bukhari dan Muslim)

  1. Surga adalah balasan bagi haji yang mabrur

Rosulullah bersabda:

اَلْعُمْرَةُ إِلَى الْعُمرَةِ كَفّارَةٌ لِمَا بَينَهُمَا, وَالْحَجُّ الْمَبْرُوْرُ لَيسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلّا الْجَنَّةُ.

“Umrah yang pertama sampai umrah berikutnya adalah kaffarot (pelebur) dosa yang dilakukan di antara keduanya, dan haji mabrur tiada balasan baginya melainkan syurga.” (HR Bukhori, Muslim)

  1. Ibadah haji bisa menghapus dosa, bahkan keseluruhan dosa bisa terhapus dengan ibadah haji.

Rosulullah bersabda:

مَنْ حَجَّ, فَلَمْ يَرْفُثْ, وَلَمْ يَفْسُقْ, رَجَعَ كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ. مُتَّفَقٌ عَلَيهِ.

“Barangsiapa berhaji dan dia tidak melakukan jima’ dan tidak pula melakukan perbuatan dosa, maka dia kembali seperti hari ia dilahirkan ibunya.” (HR Bukhori, Muslim)

  1. Orang yang menunaikan haji dan umrah doanya dikabulkan. Dari ‘Abdulloh ibnu ‘Umar, Rasulullah bersabda:

الغَازِي فِي سَبِيلِ الله, وَالحَاجُّ وَالمُعتَمِر, وَفْدُالله, دَعَاهُم, فَأَجَابُوهُ, وَسَأَلُوهُ, فَأَعْطَاهُمْ.

“Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang menunaikan haji dan yang menunaikan umrah adalah tamu Allah. Allah memanggil mereka, maka merekapun menjawab panggilan-Nya. Dan mereka memohon kepada-Nya, Allah-pun memberikan permohonan mereka.” ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.