Merajut Semangat Edukasi Literasi di Cimory Dairy Land

by -267 views

Penulis: Zahrotul Firdaus
(Siswi Kelas VII.A SMPIT Cikarang Pusat dan Duta Literasi Nusantara QM Kabupaten Bekasi)

Indonesia tersohor sampai ke mancanegara dengan keindahan panorama alamnya. Keindahannya menjadi taman surga bagi setiap yang mengunjunginya. Salah satunya kawasan puncak Cisarua Bogor, tak pelak lagi Cisarua Mountain Dairy (Cimory) selain tempat hiburan juga menjadi tempat eduwisata. Apa yang menjadi daya tarik Cimory?

Tidak hanya di luar negeri, negara Indonesia juga memiliki tempat wisata yang mempesona salah satunya Cimory Dairy Land yang terdapat di puncak Bogor, Jawa Barat. Wisatawan lokal, nasional dan internasional juga bisa menikmati keindahan Cimory Dairy Land dengan berjalan kaki. Tidak hanya itu, tempat wisata Cimory Dairy Land juga bisa dijadikan sebagai tempat berfoto karena memiliki pemandangan yang sangat menawan. Berbagai wahana dan juga area edukasi tersedia. Semua kalangan berkunjung dengan sukacita baik anak-anak, remaja, dewasa, dan para orangtua. Biasanya akan mengurai panjang antrian dan kemacetan pada waktu-waktu liburan sekolah dan akhir pekan.

Cimory yang didirikan pada tahun 2006 dan awalnya merupakan pabrik pengolahan susu yang bekerja sama dengan peternak sapi perah setempat. Tempat wisata Cimory Dairy Land memiliki ciri khas yakni gedung-gedung yang terdapat memiliki warna yang seragam yaitu berwarna merah. Cimory Dairy Land juga menyediakan berbagai macam wahana salah satunya Cow Milking. Tidak hanya itu, wisata Cimory Dairy Land juga menyewakan kuda (besar dan ponny) untuk berkeliling sebanyak 3 putaran di sekitar areanya. Disana terdapat berbagai macam hewan yang menghasilkan susu, contohnya sapi, kita juga dapat memberi makan hewan yang ada. Jika kita merasa haus, kita bisa membeli minuman yang dijual dengan menggunakan kartu khusus Cimory. Akan tetapi, kita harus mengisi kartu tersebut dengan cara top-up.

Cimory Dairy Land adalah bagian dari Cimory Group yang didirikan pada tahun 2004 oleh Bambang Sutantio. Cimory Dairy Land dibangun pada tahun 2021 di Puncak, Bogor, Jawa Barat. Cimory Group awalnya didirikan untuk membantu para peternak sapi perah di daerah Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Disebabkan waktu itu harga susu sapi segar sangat murah sehingga tidak mendukung kesejahteraan para peternak sapi perah. Selain itu, pendiri Cimory juga bertujuan untuk meningkatkan gizi masyarakat Indonesia, yaitu dengan minum susu berkualitas baik. Produk Cimory terdiri dari susu, yoghurt bahkan sekarang sudah ada produk kue, dan lain lain. Selain rasanya yang lezat, kemasan produk Cimory juga menarik sehingga membuat masyarakat tertarik untuk membelinya.

Perusahaan ini memulai sejarahnya pada tahun 1993 saat PT Macroprima Panganutama didirikan untuk memproduksi olahan daging. Dan terus berkembang pesat dengan perusahaan-perusahaan yang didirikannya dari tahun ke tahun. Perusahaan-perusahaan itu meluncurkan produk-produk seperti produk sosis dengan merek “Kanzler”, olahan susu, susu pasteurisasi, telur cair dan pelengkap makanan berbasis telur, yogurt, mayones dengan merek “Euro Gourmet”.

Pada tahun 2013, perusahaan ini meluncurkan Miss Cimory untuk dapat mendistribusikan produknya dari rumah ke rumah, dan setahun kemudian, perusahaan ini juga mulai mendistribusikan produknya melalui jalur perdagangan umum. Pada tahun 2015, PT Macroprima Panganutama meluncurkan produk sosis bakar dengan merek “Besto”. Pada tahun 2017, perusahaan ini mulai mengekspor produknya ke Tiongkok dan Vietnam. Perusahaan ini juga meluncurkan produk sosis dengan merek “Juragan” yang ditujukan untuk dijual melalui pedagang kaki lima.

Pada tahun 2019-2021, dengan PT yang dibangunnya meluncurkan produk nugget ayam, saus, yogurt rendah lemak dan yogurt Yunani. Kemudian juga mulai mengekspor produknya ke Filipina. Dan mendistribusikan produknya melalui Grab dan resmi melantai di Bursa Efek Indonesia.

Udara di wisata Cimory Dairy Land sangat sejuk karena terdapat sungai yang terletak tidak jauh dari sana. Wisata Cimory Dairy Land juga sangat bersih tidak ada sampah yang berserakan di jalanan Cimory. Para petugas di Cimory juga sangat ramah, sehingga para wisatawan menjadi nyaman bermain di sana.

Eduwsiata Cimory (Cimory merupakan media wisata pendidikan/belajar) utamanya bagi pelajar menghadirkan nuansa yang menarik, segar, indah dan bersih serta ekosistem yang sinergi menjadi sarana pelipur lara bukan saja mengusir kepenatan dari aktifitas sehari-hari yang menumpuk, bercengkerama dengan keluarga, teman, kawan, sahabat, juga dapat menggugah untuk menjadi bahan tulis-menulis dengan gagasan-gagasan yang segar menjadi karya literasi yang membawa manfaat sebagai media informasi yang edukatif (eduliterasi). ***

Outing Class SMPIT Harapan Bangsa, Kamis, 3/11/2022

“Salam Literasi: Indonesia Berkarya!
Editor: Yoni Haris Setiawan
Dok.Foto: Panitia Outing Class

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.