Harga Cabai Keriting Melonjak di Megaregency

by -197 views
Processed with VSCO with al1 preset

KAMIS (04/11/2021) di pasar pagi Megaregency, Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat cabai mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi. Sebelumnya harga cabai keriting per-kilogram nya Rp30.000, namun sekarang melonjak jadi Rp39.000/kg-nya.

Kenaikan harga cabai diduga akibat pergantian musim dari kemarau ke musim hujan, para petani cabai gagal panen karena intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan banyak cabai yang belum siap dipetik.

Salah satu pedagang sayuran merasa dirugikan dengan kenaikan harga cabai. Banyak cabai yang tidak laku dan akhirnya membusuk. “Ya biar gak mubadzir dan gak rugi gede, saya akalin sebagian cabenya dijemur di bawah matahari terus dijadiin cabe kering baru dijual lagi,” kata salah satu penjual cabai di Megaregency, Cikarang Selatan.
Kenaikan harga cabai ini tidak hanya membuat masyarakat resah, namun penjual pun merasakan hal yang sama. Biasanya penjualan cabai perhari nya mencapai lima kilogram, saat ini hanya satu kilogram perhari. Para pedagang berharap harga cabai bisa kembali normal agar mereka tidak mengalami kerugian lagi.
Perubahan cuaca yang esktrem sangat berpengaruh terhadap para petani, terutama petani sayuran dan sejenisnya. Para petani di berbagai daerah juga mengalami kerugian sebab menurunnya kualitas cabai yang cepat membusuk akibat terus menerus terpapar hujan.
Para pelaku wirausaha terutama di bidang makanan juga mengalami kesulitan dengan kenaikan harga cabai tersebut. Karena cabai merupakan salah satu bumbu dapur yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan makanan. (Thalita Octaviona/unisma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.