Akhmad Marjuki Buka MTQ Ke-53 Tingkat Kabupaten Bekasi

by -439 views
Plt Bupati Bekasi Akhmad Marjuki memukul bedug tanda dimulainya gelaran MTQ ke-53 tingkat Kabupaten Bekasi, di Gedung Swatantra Wibawa Mukti, Komplek Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat, Senin (22/11/21).

Plt Bupati Bekasi Akhmad Marjuki membuka secara resmi Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-53 tingkat Kabupaten Bekasi tahun 2021 di Gedung Swatantra Wibawa Mukti, Komplek Pemkab Bekasi, Senin (22/11/2021).

Kegiatan MTQ tahun ini digelar pada tanggal 22-26 November 2021 di area Komplek Pemkab Bekasi, Desa Sukamahi Kecamatan Cikarang Pusat.

Di antara titik lokasi yang akan dijadikan arena MTQ di antaranya Aula Kantor Kemenag Kabupaten Bekasi, Aula Gedung MUI Kabupaten Bekasi, Sekretariat LPTQ Kabupaten Bekasi dan Masjid Nurul Hikmah Pemda Kabupaten Bekasi.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Bekasi, Akhmad Marjuki mengatakan MTQ merupakan agenda tahunan untuk mencari peserta terbaik yang akan diikutsertakan pada MTQ Provinsi Jabar.

Diharapkan peserta terbaik bisa meningkatkan prestasi MTQ Kabupaten Bekasi ditingkat Provinsi Jabar dan Nasional untuk kedepannya. 

“Minimal kita bisa mempertahankan prestasi yang kita raih, tetapi alangkah baiknya bisa berhasil juara pertama,” ujar Plt Bupati Bekasi dalam sambutannya.

Ketua panitia MTQ ke-53, Enjuk Marjuki menjelaskan, acara MTQ ini digelar untuk meningkatkan kecintaan masyarakat Kabupaten Bekasi terhadap Al-Quran.

Selain itu, juga menjadi kaderisasi serta motivasi generasi muda untuk mempelajari, menghapal serta mengamalkan Al-Quran. 

“Karena masih dalam masa pandemi, kita hadirkan terbatas tetapi tidak mengurangi kecintaan kita terhadap Al-Quran,” katanya. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, Sopian menilai, MTQ juga sebagai ajang silaturahmi antar kyai, ustad dan para peserta. 

Ajang MTQ juga bisa menjadi evaluasi pencapain kemampuan para santri serta keberhasilan metode belajar di tiap pesantren yang ada di Kabupaten Bekasi.

“Terutama dalam menjalankan proses pendidikan pembelajaran Alquran selama ini,” tambahnya.

Tak hanya itu, MTQ ini juga dinilai bisa melahirkan inovasi metode pendidikan kepada para santri. Selain itu juga menjadi kaderisasi serta memotivasi generasi muda mencintai, mempelajari, menghapal serta mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

MTQ ke-53 Tingkat Kabupaten Bekasi tahun 2021, diikuti sebanyak 167 peserta dari 12 cabang. Di antaranya Tartil Al-Quran, Tilawah Anak-anak, Tilawah Dewasa, Tilawah Remaja, Tilawah Cacat Netra, Qiroat Sab’ah, Qiroat Mujawwad, Qiroat Sab’ah Murotal Remaja, Dewasa, Kaligrafi Naskah, Kaligrafi Hiasan Mushaf, Kaligrafi Dekorasi dan Kaligrafi Kontemporer.

Di ajang Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) ke-17 tingkat Jawa Barat yang digelar di Kota Bandung pada akhir Agustus lalu, Kabupaten Bekasi berhasil meraih juara ketiga.(Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.