Achmad Syamsudin Lestarikan Budaya Silat Betawi

by -137 views

Oleh Rian Ardian

ACHMAD Syamsudin merupakan salahsatu remaja yang aktif dalam melestarikan budaya pencak silat Betawi di daerah Jatibening, Kota Bekasi. Remaja tersebut mengikuti perguruan SBJS yang mengajarkan kepada anak-anak yang ingin masuk. Meski saat ini eksistensinya jarang ditemui, remaja ini seringkali mengikuti upacara pernikahan, pentas budaya dan pagelaran budaya seperti yang terjadi Senin (3/1/2022).

“Waktu saya kecil, silat itu sangat dekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Saya tinggal, besar, dan lahir di Jakarta, ya kalau lihat silat itu latihan dekat rumah, sekarang silat udah semakin jauh dari kehidupan masyarakat kebanyakan, ” ucap Achmad.
“Sebenarnya saya ga mau kalo silat sampai jauh dari kehidupan masyarakat, maka dari itu saya dari kecil sampai sekarang sering sekali ikut acara-acara, seperti palang pintu, pagelaran budaya, dan pentas budaya,” lanjutnya.

Dia pun  berharap agar generasi muda di zaman moderen ini tidak melupakan budaya pencak silat Betawi. “Saya berharap remaja yang akan datang nantinya ikut jejak saya yang ingin terus melestarikan budaya silat Betawi ini, ” tegas Achmad. (Penulis adalah Mahasiswa IBM Bekasi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.