Teknologi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

by -130 views

Oleh Muhammad Bagus Kautsar

TEKNOLOGI telah berkembang dan masuk dalam hampir seluruh aspek kehidupan manusia. Masyarakat saat ini merupakan manusia digital yang hidup dan berkembang didampingi oleh smartphone dan komputer. Bandingkan saja saat dulu ketika orang harus memperkenalkan hasil kretivitasnya mereka harus beriklan di berbagai media cetak dan televisi.
Kini dengan begitu banyaknya pengguna media internet mereka sangat mudah berpromosi bahkan saat ini yang berkembang sangat pesat adalah media penjualan online (online shop). Seiring dengan perkembangan online shopping yang pesat tentu menuntut kita sebagai user untuk berlaku pintar. Semakin banyaknya online store kadangkala malah membuat kita bingung untuk berbelanja, karena semakin banyak pilihan.
Karena kemudahan ber-transaksi secara online, kadangkala dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan penipuan. Oleh karena itu, kita sebagai user juga dituntut untuk lebih berhati-hati dalam memilih online store. Kita harus mempunyai referensi dan data yang terpercaya sebelum melakukan transaksi secara online.
Teknologi telah meledak di pasaran dalam waktu yang sangat singkat dan penggunaannya semakin sangat meningkat, bahkan membuat banyak orang hingga tidak dapat hidup tanpa teknologi. Untuk memahami bagaimana manusia meninggalkan zaman kegelapan yang sebenarnya belum lama berselang, ke tempat yang penuh dengan teknologi contohnya seperti sekarang ini, penting untuk memahami bagaimana proses perkembangan teknologi secara berlangsung.
Untungnya karena semakin banyak orang yang menemukan manfaat dari adanya internet dan teknologi ini lantas dikembangkan sedemikian rupa sehingga sangat dikenal seperti sekarang
Manfaat teknologi sangatlah berperan bagi kehidupan sehari-hari tanpa memandang batasan usia dan kalangan. Berikut beberapa fungsi teknologi untuk kehidupan manusia, yaitu: memudahkan untuk mendapatkan informasi atau berita baik didalam ataupun luar negeri, memudahkan pencarian teman lewat beberapa sosmed (sosial media), menambah ilmu pengetahuan, dapat memberikan hiburan secara praktis, dan memudahkan segala urusan.
Memang sebagai sebuah teknologi yang berkembang pesat, pastilah teknologi informasi dan komunikasi memiliki beberapa kelebihan dan juga kelemahan. Ada yang disadari, dan ada juga yang mungkin tidak disadari, karena sudah menjadi bagian dari kepribadian individu tertentu. Berikut ini adalah dampak positif dan juga dampak negatif yang bisa dirasakan di dalam kehidupan sehari-hari.
Dampak positif teknologi dalam kehidupan sehari-hari, yaitu: mempercepat arus informasi, mempermudah akses terhadap informasi terbaru, media sosial, membantu individu dalam mencari informasi, media hiburan.
Dampak negatif dari teknologi dalam kehidupan sehari-hari: kuper atau kurang sosialisasi, kecanduan bermain game, kesehatan, moral, kriminalitas, kurangnya kreativitas dan imajinasi.
Solusi yang tepat untuk menghadapi masalah-masalah yang dijelaskan dalam masalah ini adalah peran orang tua. Karena disini peranan dari kedua orang tua sangatlah penting. Kedua orang tua diharapkan dapat membimbing dan mengawasi anak-anaknya dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Sehingga anak-anak dapat mengerti hal apa saja yang termasuk hal yang baik dan hal yang kurang baik. Dan juga terdapat beberapa cara untuk mencegah dampak-dampak negatifnya. (Penulis adalah Mahasiswa UHAMKA Jakarta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.