Bekasi Terkena Guncangan Gempa Banten

by -362 views

JUMAT, (14/1/2022) gempa mengguncang beberapa wilayah di Jakarta dan Bogor. Pusatnya ada di wilayah Sumur, Banten. Diduga gempa terjadi karena lempeng Samudera Indo-Australia bertabrakan dengan Lempeng Benua Eurasia. Gempa tidak berpotensi tsunami dan lokasi tabrakan ada di bawah Pulau Jawa.

Gempa terjadi pada pukul 16.05 WIB, Beberapa warga ikut kaget karena guncangan tersebut. Ada pun yang berlarian keluar rumah untuk menyelamatkan diri karena panik. Guncangan kencang tersebut terasa sampai Bekasi tepatnya daerah Cikarang Barat.
“Saya lagi senderan di kursi, eh tiba-tiba goyang. Temen saya lagi nonton tapi tiba-tiba pusing katanya, ga taunya gempa. Dia juga ngerasain ternyata di daerah Kalimalang, ” ucap Anen, salah satu warga di daerah Cikarang.
Berdasarkan informasi dari BMKG setelahnya, gempa ini adalah gempa tektonik, terjadi pukul 16.05.41 WIB. Episenternya ada di 7,21 derajat Lintang Selatan atau 105,05 derajat Bujur Timur di laut. Dwikorita menjelaskan pusat gempa ada di kedalaman 40 km, namun ditampilan presentasi pusat gempa ada di kedalaman 10 km.
Namun, di Bekasi hanya terasa sedikit dimana  tidak ada bangunan rusak ataupun korban jiwa. (Kania Elinda Putri Andyna/Mahasiswa IBM Bekasi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.