UGM Raih Predikat Unggul, 3 Universitas Muhammadiyah Juga Sama dengan 27 PT se Indonesia

by -63 views

BERDASARKAN data di web Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) per 14 Juni 2022, diketahui bahwa hanya ada 27 PT yang mendapatkan peringkat unggul  untuk Akreditasi PT (APT). Jumlah ini berbanding terbalik dengan sekitar 4.500 PT yang ada di Tanah Air.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Jaminan Mutu (KJM) Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Indra Wijaya Kusuma saat menyampaikan predikat akreditasi unggul yang diraih kampusnya. UGM meraih akreditasi perguruan tinggi dengan predikat unggul dari BAN-PT per 14 Juni 2022.

Akreditasi merupakan upaya BAN-PT untuk menilai dan menentukan status mutu perguruan tinggi berdasarkan kriteria mutu yang telah ditetapkan. Sebagai hasil, akreditasi merupakan status mutu perguruan tinggi yang diumumkan kepada masyarakat. Status Terakreditasi berdasarkan Nilai Akreditasi diberi peringkat Unggul, Baik Sekali, atau Baik.

Indra mengatakan, predikat akreditasi unggul yang diraih menunjukkan bahwa UGM telah berhasil menjadi perguruan tinggi dengan standar yang jauh melampaui Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) baik dari sisi kuantitatif maupun kualitatif dalam semua proses Tridarma Perguruan Tinggi.

“Bersyukur UGM sudah beralih ke peringkat akreditasi unggul dan siap untuk melanjutkan pencapaian prestasi kinerja akademik dan non-akademik yang lebih baik ke depannya,” katanya seperti dilansir dari laman UGM.

Indra menjelaskan predikat akreditasi unggul diraih UGM melalui proses Instrumen Suplemen Konversi (ISK) yang disusun dan disiapkan oleh tim taskforce ISK UGM mulai akhir tahun 2021. Terdapat tiga kriteria yang harus dipenuhi yakni dosen, sistem penjaminan mutu, dan publikasi ilmiah.

Perolehan akreditasi perguruan tinggi unggul ini diharapkannya bisa segera diikuti seluruh program studi yang ada di UGM. Saat ini 244 program studi telah terakreditasi A/Unggul dari BAN PT dan LAMPT-Kes.

“Harapan nantinya semua program studi di UGM dapat melakukan konversi akreditasi dan melanjutkan akreditasi di level internasional,” ucap Indra.

Selain meraih predikat unggul BAN PT, UGM juga menjadi salah satu dari dua universitas di Indonesia yang memperoleh sertifikasi internasional university level dari AUN-QA dengan masa berlaku sertifikat 2018-2023.

Di samping itu, sepanjang 2017-2021 UGM sukses mewujudkan peningkatan jumlah program studi yang memperoleh akreditasi internasional dari sejumlah lembaga akreditasi kredibel. Sampai sekarang terdapat 44 program studi telah terakreditasi internasional dan 20 program studi yang tersertifikasi internasional dari AUN-QA.

Berikut daftar 27 kampus terakreditasi Unggul BAN-PT (Daftar ini bukan pemeringkatan, tetapi urutan berdasarkan abjad di laman www.banpt.or.id).

1. Akademi Angkatan Udara (AAU)

2. Institut Teknologi Bandung

3. Sekolah Tinggi Intelijen Negara

4. Sekolah Tinggi Manajemen Ppm

5. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

6. Universitas Brawijaya

7. Universitas Dian Nuswantoro

8. Universitas Gadjah Mada

9. Universitas Islam Indonesia

10. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

11. Universitas Islam Sultan Agung

12. Universitas Katolik Parahyangan

13. Universitas Muhammadiyah Malang

14. Universitas Muhammadiyah Surakarta

15. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

16. Universitas Muslim Indonesia

17. Universitas Negeri Jakarta

18. Universitas Negeri Malang

19. Universitas Negeri Padang

20. Universitas Negeri Surabaya

21. Universitas Negeri Yogyakarta

22. Universitas Sam Ratulangi

23. Universitas Sriwijaya

24. Universitas Syiah Kuala

25. Universitas Tarumanagara

26. Universitas Telkom

27. Universitas Udayana. (zas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.