Pemprov Banten Pantau Ketersediaan dan Harga Komoditi

Tangsel181 Dilihat

KOTA SERANG, KORANBEKASI.ID – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan pihaknya terus melakukan pemantauan harga dan ketersedian komoditi pangan. Daging ayam dan telur masih menjadi perhatian pada pengendalian inflasi menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H/ 2023 M.

Hal itu disampaikan Al Muktabar usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) secara virtual di Pendopo Gubernur Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Senin (26/6/2023).

“Inflasi di Provinsi Banten cukup terkendali, secara y-o-y 3,67 %. Dan komoditi yang menjadi perhatian yaitu ayam ras, telur dan cabai merah, serta komoditi pangan lainnya,” ungkap Al Muktabar.

Al Muktabar menuturkan, keberhasilan pengendalian inflasi di Provinsi Banten merupakan hasil kerjasama semua pihak, mulai dari Forkopimda Provinsi Banten, Pemerintah Kabupaten/Kota hingga masyarakat.

Oleh karena itu, Al Muktabar mengajak semua pihak untuk dapat bersama-sama dalam mengendalikan inflasi.

“Secara umum penanganan inflasi masih pada ruang yang baik untuk mengendalikan inflasi,” katanya.

Selain itu, kata Al Muktabar, pihaknya pada waktu dekat akan menggelar pasar murah dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan jelang Idul Adha 1444 H.

“Informasinya hari ini Presiden akan melakukan launching pasar murah, dan hal ini akan dilakukan bersama di daerah,” tandasnya. Menjelang Idul Adha 1444 H Pemprov Banten melalui Dinas Ketahanan Pangan konsisten melakukan Gerakan Pangan Murah (GPM) sebanyak 12 titik.

Sebagai informasi, pada hari ini tanggal 26 Juni 2023 Gerakan Pangan Murah dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia diikuti 38 provinsi serta 341 kab/kota. Provinsi Banten diikuti oleh Kota Cilegon, Kota Serang, Kota Tangerang dan Kota Tangsel sedangkan kabupaten diwakili Kabupaten Lebak dan Pandeglang. Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten melaksanakan GPM di Telaga Bestari RT 07 RW 01 Desa Wana Kerta kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang. GPM juga dilaksanakan dalam rangka menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Iduk Adha 1444 H. dilaunchingnya Gerakan Pangan Murah (GPM) serentak seluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota mendapat penghargaan/sertifikat MURI

Selain itu, dalam memastikan ketersedian komoditi pangan khususnya daging ayam ras di Kabupaten Lebak, Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pertanian dan Dinas Perindustrian Dan Perdagangan meninjau peternak ayam serta pengecekan hewan kurban. (Zal)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *