Ragam Lomba HUT ke-78 Kemerdekaan RI Digelar HIMAKOM IBM Bekasi

Umum1567 Dilihat

HIMPUNAN Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) Institut Bisnis Muhammadiyah (IBM) Bekasi pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan menyelenggarakan berbagai lomba di Kampus Fakultas Teknik dan Komunikasi (FTK) IBM Bekasi, Sabtu (19/8/2023) beberapa hari lalu.

Panitia Pelaksana Lomba 17-an yang terdiri dari Ketua (Damar Haryo), Wakil Ketua (Ivan Thomas), Sekertaris (Resma Rumaillah), Bendahara (Indah Trisnawati), Seksi Acara (Sindi Rahayu, Azlia Putri, Amanda Putri), Seksi Pelengkapan (Nur Achmad Fatoni, Achmad Kurniawan, Fara Fadillah, Zihan Ziyadaturahmah), dan Seksi Pubdekdok (Naufal Noor A, Hady Zody Salehulano, Ayu Kurniasih) mengundang mahasiswa Prodi IKOM semester 2, 4, 6 dan 8. Sebanyak 40 mahasiswa mengikuti jenis lomba yang disediakan Panitia yaitu tarik tambang, memasukan pensil ke dalam botol, dan estafet sarung.

Peringatan HUT ini dihadiri Epen Supendi sebagai Wakil Rektor III. Dalam sambutannya Ia menyampaikan keutamaan nikmat dari kemerdekaan. Bahwa kemerdekaan yang Kita rasakan hari ini hasil dari perjuangan luar biasa. Berangkat dari petikan takbir yang bergema dari hati para ulama, santri, kyai, dan kaum muslimin. Ini adalah bukti betapa kuatnya semangat dan tekad kita untuk meraih kebebasan dan kesatuan kaum muslimin.

“Mari kita jadikan rasa syukur sebagai dasar bagi langkah-langkah Kita dalam membangun masa depan yang lebih baik, isi dengan hal-hal yang positif,” ajak Epen.

Lebih lanjut Epen mengungkapkan, pertanyaan yang sangat dasar pada Kita apakah Kita sudah merdeka? Apakah betul-betul kita telah merdeka? Kata percinta ilmu merdeka itu ketika mereka mencatatkan titah ilmunya diberikan keluasaan. Kata mereka percinta musik merdeka itu ketika mereka mengesperaksikan dirinya di dalam bidang musik tidak ada hambatan. Kata para percinta olahraga merdeka itu ketika dia mau terjun ke dunia futsal ada lapangan futsal, main bulutangkis ada lapangan bulu tangkis.

Kata percinta Qur’an merdeka itu ketika orang telah terbebas dari buta huruf dari Alqur’an, ketika Kita berbicara tauhid maka merdeka itu adalah tidak lain ketika sesembahan itu hanya kepada Allah Swt, baru kita merdeka.

“Jas hijau adalah jangan sekali-kali hilangkan jasa ulama, sebagian besar orang-orang muslim di seluruh Indonesia yang lebih bakti kemerdekaannya dan saudara Kita lainnya,” tambah Epen.

Seperti biasa, setiap lomba ada yang menang dan ada yang kalah. Kategori lomba tarik tambang dimenangkan kelompok Putera ILKOM 4B dan Puteri ILKOM 4A. Sedangkan lomba estafet sarung dimenangkan kelompok Putera ILKOM 4A. Adapun lomba memasukan pensil ke dalam botol dimenangkan kelompok Puteri ILKOM 4A. Acara tersebut tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga sarana untuk mempererat tali persaudaraan mahasiswa ILKOM serta mengenang perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan negara Indonesia.

“Menurut Saya, memaknai kemerdekaan bagi mahasiswa, lomba ini berkaitan dengan matakuliah komunikasi, yaitu bekerjasama antara tim dari setiap perlombaan, dalam ilmu komunikasi di ajarkan untuk komunikasi kelompok secara tim untuk mencapai tujuan menuju kemenangan,” ucap Achmad Kurniawan (Ketua HIMAKOM).

Sementara itu, Pikri Anasrulloh salah satu peserta lomba menyampaikan rasa bahagianya dapat berpartisipasi pada kegiatan lomba kemerdekaan yang diadakan HIMAKOM. “Dari kegiatan ini banyak manfaat, diantaranya dapat menambah relasi buat hubungan kita kedepannya, makin kompak ILKOM” ungkap Pikri.

Acara terakhir penyerahan hadiah yang dilakukan Ketua Pelaksana dan Ketua HIMAKOM kepada peserta pemenang lomba. (Zakiyah Karomah,Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi IBM Bekasi/Editor: Yoni Haris Setiawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *