Pemkab Bekasi Targetkan Pembangunan Jembatan Bojongmangu-Karawang Rampung Desember 2021

by -38 views

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menargetkan pengerjaan proyek jembatan Kali Cibeet yang menghubungkan wilayah Kecamatan Bojongmangu dengan Kecamatan Pangkalan Kabupaten Karawang dapat diselesaikan pada akhir Desember 2021.

“Jembatan Kali Cibeet penghubung Bekasi-Karawang yang ada di wilayah kecamatan Bojongmangu ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga di kedua daerah,” kata Dani Ramdan saat meninjau lokasi Jembatan Cibeet di Kampung Rantopanjang Desa Bojongmangu, bersama Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi, Iwan Ridwan dan Camat Bojongmangu Agung Suganda, Rabu (13/10/2021).

Dani menyebutkan, hadirnya Jembatan Cibeet yang menghubungkan Bojongmangu dengan wilayah Karawang Selatan itu, selain dapat meningkatkan interaksi masyarakat juga dapat mempermudah akses untuk para pekerja di kedua wilayah.

“Kami lihat disini juga berdiri pabrik semen, karena akses ke pabrik sekarang terlalu jauh, padahal itu ada di wilayah Kecamatan Bojongmangu, dengan terbangunnya jembatan ini bisa mempermudah akses jalan untuk tenaga kerja yang dari Bekasi,” ujarnya.

Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi, Iwan Ridwan mengatakan, pembangunan Jembatan Bojongmangu-Karawang dianggarkan sebesar Rp 30 miliar yang sumber dananya berasal dari bantuan Pemprov Jawa Barat.

“Untuk pagu anggaran jembatannya sebesar Rp 29,4 miliar. Tapi untuk tender atau kontraknya sendiri sebesar Rp 27 miliar. Sisa Rp 600 juta itu untuk konsultan, perencana dan pengawasan,” ujarnya.

Iwan menambahkan, untuk menunjang akses jalan menuju jembatan, tahun depan pihaknya akan meminta pengadaan lahan ke Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan.

“Nanti setelah itu beres kami akan bangun jalannya, kalau yang seberang itu masuknya wilayah Karawang nanti kami koordinasikan. Ya, semoga kegiatan pembangunan ini tidak ada kendala lancar di akhir Desember selesai pengerjaannya,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Bojongmangu Agung Suganda meyakini dibangunnya Jembatan Bojongmangu-Karawang akan memberikan dampak positif, terutama dalam membuka akses ekonomi masyarakat.

“Dibangunnya jembatan ini sangat bagus untuk perkembangan ekonomi masyarakat. Mudah-mudahan jembatan ini menjadi kebanggaan masyarakat Bojongmangu,” kata dia.(Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.