Baju Dodot Baju Kebesaran Suku Sasak Lombok

by -79 views

BAJU Dodot, bisa jadi belum banyak yang mengetahui makna dan lambang baju kebesaran Susu Sasak, Lombok, Nusa Tenggara Barat Ini. Ternyata filosofinya amatlah dalam. Bahkan bisa membuatmu larut dalam rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sebab Dodot memang dibuat dengan sentuhan tangan-Nya.

Kelengkapan utama Dodot, yaitu beskap atau kemeja beludru. Umumnya Dodot di Lombok berwarna hitam. Dua warna dasar utama lainnya, yaitu biru, merah atau coklat (tua, muda atau keemasan).  Saku di salah satu sisi dada, kerap menjadi cantolan arloji berantai yang memang pas ditaruh dalam saku.

Berikutnya, tenun songket motif Subahnale di bagian luar dan motif Ragi Genep di bagian bawah. Kata Subahnale, sejarahnya berawal dari celetukan ‘subhanallah’. Ungkapan kagum Suku Sasak, Lombok, ketika sehelai kain songket baru saja selesai ditenun. Selanjutnya, celetukan ini pula yang akhirnya dijadikan nama dari motif tenun ini.

Istilah Ragi Genep sendiri, perlambang dari kelengkapan bumbu-bumbu dasar dari dapur seorang perempuan Lombok.  Filosofinya, syarat mendasar, bahwa seorang lelaki dan perempuan sudah siap mengarungi bahtera rumah tangga. Itu pula sebabnya, dua motif tenun ini juga dikenakan wajib di busana adat pengantin Lombok.

Aksesoris pelengkap lainnya, Sapuq, atau penutup kepala. Cara melipat ujung Sapuq, penanda simbol Lam Jalallah (Alif dan Lam dalam huruf Hijaiyah). Maknanya, selalu dekat dengan Tuhan Pencipta Alam Semesta. (Fadli)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.