Awas, Ada Aksi Tipu-tipu ‘Wartawan’ Menggunakan Nama KPK Tipikor, Laporkan Segera !

Umum1768 Dilihat

ADA-ada saja kerja ‘wartawan’ jaman kini. Mereka mencatut nama lembaga antirasuah, KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) sebagai nama medianya untuk melancarkan aksi usahanya itu. Dan diduga ini sudah berlangsung cukup lama.

Atas dasar itu pula, KPK meminta semua pihak mewaspadai aksi tipu-tipu yang dilakukan para ‘wartawan’ media tersebut.

Adalah Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK Ali Fikri yang mengaku sudah menerima kabar mengenai pihak yang menyebut diri mereka sebagai Redaksi KPK Tipikor.
“Kami pastikan bahwa organisasi tersebut tidak ada afiliasinya ataupun kerja sama dengan KPK. Redaksi tersebut menggunakan logo dan identitas visual yang mirip KPK,” katanya dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Senin (8/5/2023).

Gambar tersebut terdapat dalam poster yang beredar di media sosial maupun aplikasi pesan pendek. “Saat ini mereka mengumumkan sedang membuka pendaftaran untuk beberapa posisi jabatan pada organisasi tersebut,” lanjutnya.

Dia meminta masyarakat mewaspadai jika organisasi itu mengaku sebagai pihak yang bekerja sama dengan KPK menggunakan modus penipuan, pungutan liar, maupun pemerasan.

Dijelaskannya, menjelang tahun politik, hoaks dan disinformasi yang mengatasnamakan KPK maupun nama pimpinan dan pejabat lembaga antirasuah berpotensi merebak di masyarakat. Karenya, masyarakat dapat melaporkan modus-modus kriminalitas berkedok KPK tersebut kepada aparat penegak hukum atau mengkonfirmasi secara langsung melalui kontak center KPK 198.

Dalam pamflet digital yang tersebar di aplikasi pesan pendek, tampak pihak yang mengaku sebagai Redaksi KPK Tipikor membuka pendaftaran kaperwil, kabiro, dan wartawan. Masyarakat disebut bisa menghubungi email dppkpktipikor@gmail.com atau Whatsapp 085264384813. Tidak hanya itu, mereka juga menyebarkan link undangan untuk bergabung ke grup organisasi tersebut. (*/zas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *