Market Day, Melatih Jiwa Kewirausahaan dan Kreativitas Siswa

Umum1650 Dilihat

MELATIH peserta didik, SDIT Syifaul Qulub menggelar Market Day pada Rabu, (20/9/2023) di Halaman Sekolah SDIT Syifaul Qulub, Kampung Karatan, Desa Segarajaya, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi.

Market Day diberi tajuk “Tradisional Food of Indonesia”. Abdul Qadir Jaelani selaku Kepala Sekolah, mengungkapkan tema tersebut yang dipilih karena makanan Indonesia memiliki nilai budaya yang tinggi; mengandung sejarah, identitas, dan budaya dari suatu daerah.

“Makanan tradisional Indonesia bukan hanya sekedar makanan, melainkan juga bentuk budaya yang harus dilestarikan,” ujarnya saat dimintai keterangan pada Rabu.

Begitu pula Market Day bertujuan sebagai implementasi daripada kegiatan projek P5 dan membangun nilai kewirausahaan dan kreativitas siswa.

“Diadakan Market Day menjadi salah satu wadah untuk melatih kewirausahaan siswa dalam berdagang dan bersosialisasi dengan lingkungan masyarakat sekitar,” imbuhnya.

Abdul Qadir pun berharap, kegiatan Market Day bisa lebih baik ke depannya, juga lebih memfasilitasi jiwa kewirausahaan peserta didik dalam berniaga dan dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

Adapun di dalam Market Day, terdapat sembilan stand yang berada di halaman sekolah untuk para siswa menjajakan makanan dan minuman olahan wali murid dengan harga yang terjangkau. Makanan yang dijual berkisar harga Rp2.000, Rp2.500, Rp3.000, Rp5.000, Rp7.000, dan Rp10.000.

Sementara itu, Ketua Komite dari Perwakilan Wali Murid bernama Herlina mengaku senang atas terselenggaranya Market Day tersebut.

“Bagus acaranya, semoga bisa mendidik anak-anak mengembangkan jiwa entrepreneur sekaligus penguatan karakter siswa,” katanya.

Ia pun berharap, agar kedepannya siswa-siswi diberikan kebebasan untuk mempersiapkan lapak, memilih dan menjajakan makanannya. (Sheila, Mahasiswi STAI At-Taqwa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *