Peringati Maulid Nabi Muhammad 1445 Hijriah, Para Pelaku UMKM Ramaikan Kampung Ujung Harapan

Umum1359 Dilihat

MEMPERINGATI Maulid Nabi Muhammad SAW, warga sekitar Bekasi dan para pelaku UMKM meramaikan Kampung Ujung Harapan. Kegiatan Maulid dilaksanakan pada Kamis (28/9) yang berlokasi di Masjid At-Taqwa Putra, Kampung Ujung Harapan, Kelurahan Bahagia, Kabupaten Bekasi.

Sejak bertahun-tahun warga Ujung Harapan dan sekitarnya, selalu melaksanakan Maulid Nabi SAW yang sudah dianggap menjadi tradisi turun temurun di Masjid At-Taqwa.

Selain memperingati Maulid Nabi Muhammad, daerah Ujung Harapan saat adanya Maulid tersebut dapat membuka peluang UMKM bagi warga sekitar, khususnya di wilayah Bekasi. Warga sekitar dapat menjajakan dagangannya sembari ikut Maulid bersama.

Para pelaku UMKM memadati sepanjang jalan Ujung Harapan dengan menjajakan berbagai macam dagangannya, seperti berjualan baju, sepatu, tas, sandal, mainan, buku-buku, keperluan dapur, buah-buahan, serta aneka ragam kuliner yang tersedia.


Seringkali dari tahun ke tahun, warga yang berdatangan selalu memenuhi jalan Ujung Harapan dan saling berdesakan ketika menghampiri Maulid tersebut, hingga tak bisa dipungkiri aneka kuliner bakso, mie ayam, dan minuman dingin selalu ramai pembeli ketika lelah menyapa menjelang siang hari.

Salah satu pelaku UMKM bernama Nina (47) mengaku senang, atas terselenggaranya Maulid Nabi yang selalu diadakan rutin tiap tahunnya.

Ia mengungkapkan, “alhamdulilah sangat membantu sekali, apalagi saya pedagang di pertokoan Kranji yang sehari-hari untuk mendapatkan satu potong baju saja cukup sulit. Dengan adanya acara Maulid begini kan ada bazzar, kita coba ikut bazzar di sini walaupun ada uang lapaknya, tapi itu sangat kembali kok ke kita. Alhamdulilah saya sangat senang sekali dengan adanya Maulid di sini.”

Hal serupa juga dikatakan oleh warga sekitar, yang ikut serta dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad di Masjid At-Taqwa.

“Menurut saya acara yang rutin setiap tahunnya diadakan oleh Pondok Pesantren At-Taqwa ini tentunya sangat bermanfaat bagi semua, khususnya warga Ujung Harapan dan sekitarnya. Dengan diadakannya maulid Nabi ini, merupakan bukti nyata kita cinta kepada Baginda Rasulullah Saw,” ucap Tiara.

Namun, ia berharap pihak penyelenggara agar lebih memperhatikan kembali sampah yang berserakan yang selalu ada saja selepas acara usai di tiap tahunnya. Hal itu akan membuat para jamaah lebih khidmat, dalam memperingati acara Maulid dengan tidak adanya sampah berserakan yang mengganggu kenyamanan.

“Tapi sangat disayangkan adanya sampah yang berserakan di tiap tahunnya tidak bisa dihindari selesai acara tersebut. Mungkin untuk kedepannya ini bisa menjadi evaluasi lebih lanjut bagi Pondok Pesantren At-Taqwa dan untuk kenyamanan jamaah semuanya,” imbuhnya. (Sheila, Mahasiswi STAI At-Taqwa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *