Museum Sejarah Islam di Bekasi, Mummi Firaun dan Rumah Rasul Ada di Sini

Umum1882 Dilihat

MUSEUM Sejarah Islam Transera merupakan salah satu museum sejarah Islam pertama di Indonesia. Museum ini terletak di kawasan Kota Harapan Indah Kabupaten Bekasi.

Museum ini mulai dibuka sejak Agustus tahun 2022 namun sempat tutup karena adanya renovasi dan dibuka lagi sejak September 2023.

“Kita buka mulai bulan Agustus tahun 2022, Alhamdulillah kita sudah ada pengembangan, renovasi lagi kita baru buka di bulan September 2023,” ujar Zaki Afifi selaku GM Museum Sejarah Islam Transera, Rabu (18/10/2023).

Museum ini terdapat empat zona yang pertama zona Babilonia yaitu peninggalan nabi Ibrahim, zona mesir peninggalan nabi Musa, nabi Yusuf, zona Rasulullah SAW, dan juga zona nusantara bagi para Wali Songo.

” Ini dibuat karena Indonesia mayoritas muslim terbesar di dunia. Museum ini adalah sebuah wadah untuk mengedukasi semua masyarakat khususnya muslim, bisa mengenal sejarah Rasulullah SAW dan para sahabat untuk lebih mencintai Rasulullah SAW dan para sahabat-sahabatnya yang telah berjuang untuk agama Islam,” jelas Zaki.

Di dalam museum tersebut terdapat replika peninggalan sejarah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Di sana juga ada sandal Rasul zaman dulu, ada pedang dan rumah nabi Muhammad SAW yang di dalamnya terdiri dari tempat tidur, alas shalat, peralatan memasak, dan juga panah. Terdapat juga mumi Firaun.

Zaki mengungkapkan, barang-barang peninggalan Rasulullah SAW itu replika karena yang asli ada di Turki. Namun, pihaknya sudah mendapat izin dari museum yang ada di Turki untuk dibuat replikanya.

“Karena ini museum sejarah Islam pertama jadi itu hanya replika saja yang asli ada di Turki dan ini sudah mendapatkan izin juga.
Dan untuk harga tiket masuknya di hari biasa dikenakan Rp40.000 dan di hari libur dikenakan Rp45.000. Dengan demikian, masyarakat tidak perlu jauh- jauh datang ke Turki karena di Bekasi pun kalian sudah bisa melihat peninggalan sejarah Islam,” paparnya. (Navila)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *