Pentingnya Web Design Quality Dalam Perdagangan di Era Digital

Pendidikan511 Dilihat

Oleh  Tommy Setiawan Ruslim* dan Christiandinata Tjandra Bravo**

DEWASA ini, teknologi telah menunjukkan perkembangan yang cukup pesat di dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan teknologi yang cukup pesat, mendorong terjadinya transformasi digital dalam kehidupan masyarakat. Adanya transformasi digital, membuat segala sesuatu yang semula dapat dikerjakan secara manual, kini harus beralih kepada pengguaan teknologi digital sehingga memungkinkan proses pengerjaan suatu hal dapat dilakukan lebih cepat dibandingkan dengan cara manual. Adanya perkembangan transformasi digital yang semakin pesat di era digitalisasi seperti saat ini, membuat semua pihak harus beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan keadaan ini, tidak terkecuali di dalam dunia usaha.

Hal ini tentunya dilakukan agar para pemilik bisnis dapat menjalankan bisnisnya beriringan dengan perkembangan teknologi sehingga mendukung perkembangan bisnis mereka di masa mendatang dengan mengadopsi kecanggihan teknologi di dalam usaha mereka.

Salah satu kecanggihan teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh pemilik usaha adalah internet. Pada dasarnya, internet telah menunjukkan perkembangan yang positif dalam beberapa tahun terakhir. Internet memiliki beberapa kecanggihan sehingga mampu menyampaikan informasi secara cepat.

Hal seperti ini tentunya dapat dimanfaatkan oleh pemilik usaha untuk melakukan e-commerce. Dalam konsep e-commerce, penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung, melainkan pertemuan kedua belah pihak dijembatani oleh sebuah website dimana kedua belah pihak dapat melakukan transaksi. Dari pernyataan ini, kita dapat mengetahui bahwa website merupakan suatu hal yang sangat penting bagi pengusaha yang melakukan pemasaran produk melalui e-commerce.

Melalui website, penjual dapat berkomunikasi dengan pembeli secara tidak langsung dimana penjual dapat memposting informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Wilson dan Keni (2018) di industri e-commerce, menunjukkan bahwa kualitas desain situs web dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dan niat membeli kembali, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Pada dasarnya, website design quality dan kualitas jasa merupakan dua variabel utama yang dapat memengaruhi repurchase intention pelanggan terhadap suatu perusahaan, khususnya e- commerce (Chou, 2014; Zhou et al., 2009). Semakin baik kualitas desain pada website sebuah bisnis e-commerce maka semakin besar kemungkinan konsumen melakukan pembelian kembali pada laman tersebut (Zhou et al., 2009).

Oleh karena itu, untuk mendalami pengertian dari web design quality secara lebih mendalam, memahami pentingnya web design quality dalam perdagangan di era digital pada saat ini, serta untuk menambah wawasan seputar pendakatan yang harus dilakukan ketika mendesain sebuah website, Tim PKM dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara berinisiatif melakukan kerja sama dengan PT Logam Nusantara Perkasa untuk memberikan pemaparan mengenai teori terkait website, khususnya yang berkaitan dengan desain, agar dapat menciptakan kenyamanan dan kemudahan bagi pembeli ketika membuka website dari perusahaan mereka.

Kegiatan ini dilakukan pada 29 September 2023. Tim akademisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanegara sendiri diwakili oleh Bapak Tommy. Para peserta dari adalah pemilik PT Logam Nusantara Perkasa, dan karyawan dari perusahaan tersebut.

Kegiatan ini tidak lain merupakan kegiatan memberikan penalaran atau pemaparan terhadap pemilik dan pekerja di dalam PT Logam Nusantara Perkasa. Kegiatan mengangkat topik khusus mengenai “Pentingnya Web Design Quality dalam Perdagangan di Era Digital Saat ini”. Adapun pemilihan topik ini dikarenakan banyaknya para pekerja yang belum memahami tentang bagaimana cara membangun sebuah website yang baik untuk memasarkan produk, sehingga dengan adanya pemahaman ini, diharapkan dapat meningkatkan minat para konsumen sasarannya terhadap produk yang mereka jual dalam tokonya.

Berikut ini adalah dokumentasi terkait kegiatan penyuluhan yang telah dilakukan:
Gambar 1.
 Kegiatan Penyuluhan di PT Logam             Nusantara Perkasa

Gambar 1 menunjukkan pelaksanaan kegiatan penyuluhan yang telah dilakukan pada 29 September 2023 kepada seluruh peserta yang terlibat. Materi yang disampaikan kepada seluruh peserta yang terlibat pada kegiatan tersebut meliputi: Pengertian web design quality, pemaparan contoh kualitas tampilan website yang baik, faktor yang mempengaruhi ketika mendesain sebuah website, mobile first approach dalam membangun website, serta materi umum mengenai perkembangan pengguna internet di Indonesia.

Sedangkan pokok penting yang ingin dicapai dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah menerapkan konsep dasar pembuatan website yang tepat dalam merancang website yang berkualitas dan menarik. Kegiatan pemaparan yang telah dilakukan berlangsung selama kurang lebih 45 menit.

Tentu saja kegiatan ini menyimpan beberapa manfaat kepada pemilik maupun karyawan di dalam PT Logam Nusantara Perkasa yang sangat berguna untuk perkembangan bisnis mereka selanjutnya di masa yang akan datang. Pertama, pemaparan mengenai jumlah pengguna internet di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, tentunya dapat menambah pengetahuan dan wawasan berkaitan dengan internet kepada seluruh pihak yang terlibat terkait sehingga mereka diharapkan dapat terus memanfaatkan kecanggihan internet di dalam usaha mereka.

Kedua, mereka dapat memahami terkait dengan kategori kualitas desain website yang dimiliki oleh perusahaan mereka saat ini beserta faktor yang mempengaruhi kualitas desain website, setelah ditampilkan dan dijelaskan mengenai tampilan desain website yang baik dan buruk di dalam penyuluhan ini.

Manfaat ketiga yang akan didapatkan oleh para peserta yang terlibat adalah, mereka dapat mengetahui langkah-langkah yang tepat untuk merancang situs website yang berkualitas dengan mempertimbangkan beberapa faktor yang telah dijelaskan di dalam penyuluhan ini.

Pada dasarnya, kegiatan penyuluhan ini menyampaikan pengetahuan dasar mengenai salah satu aspek dalam kualitas pelayanan konsumen secara online, di tengah-tengah perkembangan teknologi di Indonesia. Di masa mendatang, seluruh peserta yang terlibat di dalam penyuluhan ini, diharapkan dapat menerapkan pembuatan website yang berkualitas dengan mengikuti pendekatan mobile first approach sehingga dapat menciptakan kepuasan bagi pelanggan setia mereka.

Setelah itu, pihak perusahaan juga diharapkan mampu untuk melakukan evaluasi atas perfoma website yang dimilikinya secara periodik dan melakukan perbaikan secara menyeluruh terhadap faktor-faktor yang menjadi kekurangan atas desain website yang telah dirancang oleh perusahaan sebelumnya.

Secara keseluruhan, melalui kegiatan ini, diharapkan perusahaan yang terlibat dapat melakukan optimasi pelayanan yang lebih baik kepada konsumen setianya secara online melalui website yang berkualitas dengan memanfaatkan dan mengadopsi kecanggihan internet secara konsisten setelah mengikuti penyuluhan ini, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggannya dan mendukung proses ekspansi bisnis mereka.

*Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara
** Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *