Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Generasi Unggul

Pendidikan955 Dilihat

PENDIDIKAN karakter adalah suatu sistem pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu pada diri siswa, melakukan upaya secara sadar dan terencana untuk membantu mereka memahami, merawat, dan mengabdikan diri untuk memperbaiki nilai-nilai moral.

Pendidikan karakter sangat penting untuk mengembangkan sumber daya manusia yang memiliki sikap, perilaku, dan pola pikir yang baik, serta integritas yang tinggi. Melalui pendidikan karakter, individu tidak hanya mengembangkan ilmu akademik namun juga menumbuhkan nilai-nilai moral yang kuat.

Pendidikan karakter juga harus senantiasa diajarkan, dibiasakan, dan diamalkan secara konsisten, sehingga menjadi karakter siswa. Penguatan pendidikan karakter berbasis keluarga dan masyarakat dapat dicapai dengan menjadikan keluarga dan rumah sebagai lingkungan pendidikan karakter.

Pendidikan karakter merupakan salah satu aspek penting dalam membentuk generasi yang baik karena membantu menghasilkan generasi yang cerdas dan berkarakter yang selalu memberikan dampak positif bagi diri sendiri, orang lain, dan orang disekitarnya.

Pendidikan karakter memungkinkan anak memperoleh keterampilan yang relevan seperti kreativitas, inovasi dan kemandirian untuk memecahkan masalah dan memanfaatkan peluang di dunia yang berubah dengan cepat. Oleh karena itu, pendidikan karakter merupakan elemen penting untuk menciptakan generasi yang lebih baik.

Strategi pencapaian generasi unggul melalui pendidikan karakter antara lain:
1. Membangun generasi unggul melalui peran guru dan para pengajar
2. Mengembangkan generasi unggul melalui pendidikan yang berfokus secara global sehingga peserta didik dapat memberikan kontribusi positif dalam skala global.
3. Menumbuhkan generasi unggul melalui pendidikan inklusif yang mendukung terciptanya lingkungan yang memenuhi kebutuhan setiap individu.
4. Pengembangan generasi unggul melalui pendidikan teknologi yang menumbuhkan terciptanya lingkungan yang personal.
Dengan demikian, pendidikan karakter dipandang sebagai landasan terpenting dalam membentuk generasi unggul, sehingga peserta didik tidak hanya memperoleh kemampuan akademis saja tetapi juga nilai-nilai dan keterampilan yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan dalam hidup. (Shania Ratih Anggraeni, NIM:132310163, Prodi: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pelita Bangsa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *