IKAPSI Gelar Acara ‘Rap Mulak tu Huta Sipirok’ 2023

Umum2233 Dilihat

INDUK Keluarga Alumni Pelajar Sipirok (IKAPSI) New Era dan Warga Sipirok Narobi dari seluruh Indonesia akan mengadakan acara akbar saat Lebaran ini. Acara yang diberi nama “Rap Mulak tu Huta Sipirok” atau Pulang Kampung Bersama, diadakan di Alun-alun Sipirok, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara pada 24-25 April 2023.

Diperkirakan jumlah peserta akan mencapai ribuan orang. Ini terlihat dari antusiasnya para perantau di seluruh pelosok negeri ini termasuk dari Bonabulu Sipirok yang telah mendaftar. Malah, grafiknya terus bertambah.

Bahkan ada pesertanya dari Eropa. Ada satu keluarga yang tinggal di Belanda akan hadir. Terbang dari Belanda ke Indonesia dan transit di Jakarta. Kemudian melanjutkan perjalanan lewat darat dengan mobil untuk menikmati keindahan alam dan melintasi kota-kota antar Provinsi di Sumatera.

Menurut Ketua Panitia PelaksanaIr. Ahmad Zubeir Siregar, Senin (10/03/23), persiapan acara sudah mencapai 75 persen. Mulai dari kelengkapan perizinan dan undangan. Tinggal pemantapan dan penyempurnaan beberapa bidang terutama acara, konsumsi, dan perlengkapan.

Malah, kata Zubeir, tadi malam sedang dilakukan pemasangan spanduk selamat datang. “Ada juga kegiatan Poken Parbuko Ramadhan atau Pasar Berbuka Puasa Ramadhan dengan memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Alun-alun Sipirok. Kegiatan ini atas kerja sama IKAPSI dengan Pemkab Tapanuli Selatan. Ini menjadi cikal bakal acara pasar malam (night market) yang akan dilangsungkan nantinya secara permanen setiap malam Minggu,” papar Zubeir.

Berbagai kuliner dan jajanan khas Sipirok memang dipromosikan di Alun-alun Sipirok selama bulan puasa. Acara ini juga diminati dan ramai pengunjungnya.

Sementara itu Ketua Umum IKASI Raja Parlindungan Pane menyampaikan acara Rap Mulak tu Huta ini memberikan magnet tersendiri bagi anggota IKAPSI, karena baru pertama kali ini ada acara “Pulang Bersama” masyarakat Sipirok saat Lebaran.
Akan terukir dalam sejarah karena ada penabalan sekaligus peresmian nama Alaman Bolak di Alun- Alun Sipirok, hiburan berbagai kreasi dari mahasiswa dari perantauan dan pelajar seperti tari dari SMAN 1 Sipirok.
Acara yang akan dihadiri Bupati Tapsel itu mempersembahkan hiburan juga dari DPP IKAPSI dan seluruh DPD IKAPSI serta game interaktif.

“Ya akan ada juga makan bersama pakai daun pisang dengan iringan band. Mudah2an acara ini bisa berjalan sukses,” ujar Raja Pane sambil mengimbau agar masyarakat Sipirok di perantuan dan di bonabulu ikut hadir.

Terpantau dari grup WhatsApp IKAPSI sejak 9 April sudah mulai ada beberapa peserta bergerak mudik dari Jambi. Sedangkan dari Jabodetabek yang menggunakan mobil pribadi diperkirakan mulai 14 sampai 18 April. Ada juga yang menggunakan moda transportasi udara yang berangkatnya bervariatif sehingga harapannya semua peserta diperkirakan akan sampai dua hari sebelum Lebaran atau minimal sebelum acara dimulai. (Syaiful Ritonga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *