Emas Sepakbola : Ini Soal Hati, Rasa & Cinta

Umum1470 Dilihat

Oleh Barce

(Wartawan Sepakbola Senior)

SEPAKBOLA, itu soal rasa dan hati. Rasa dan hati berbaur menjadi cinta. Cinta pendukung tim anak negeri, ini, menjadi cemeti motivasi Indonesia, mengalahkan Thailand di final SEA Games 2023.

Pertandingan final Indonesia melawan Thailand berlangsung di Stadion Olympic Phnom Phen Kamboja, Selasa besok pukul 19.00 WIB.

Pertandingan ini, bukan soal angka. Ini bukan soal rekor, atau berapa kali Indonesia kalah beruntun, dari sekian kali pertemuan dengan Thailand. Ini soal rasa dan hati. Rasa cinta, kepada anak negeri, kepada sepakbola, yang merindukan gelar juara SEA Games.

Indonesia tidak seperti partai sebelumnya jika bertemu Thailand. Dianggap sebagai tim “underdog.” Kali ini, Indonesia lolos ke final sebagai favorit juara. Setelah melumpuhkan tim tangguh Vietnam 3-2 di semifinal.

Bahkan pelatih Thailand Issara Sritaro, seakan tidak percaya Indonesia lolos ke final. “Indonesia beruntung. Karena usai penyisihan grup libur 2 hari. Sedangkan Vietnam hanya satu hari,” ulasnya.

Issara tidak menampik kali ini, tim Indonesia, sangat mengancam Thailand mempertahankan medali emas SEA Games.

Thailand dan Indonesia memiliki waktu libur dua hari jelang final. Sama-sama mendapatkan recovery yang cukup. Tidak ada yang dirugikan dan tidak ada pula yang mendapat kemudahan.

“Indonesia bermain kolektif dengan baik. Sangat disiplin. Thailand sudah menganalisis dan siap bertanding di final,” kata Issara seperti dilansir berbagai media dari Kamboja.

Saat ini, momentum paling tepat bagi Indonesia meraih medali emas yang ketiga kalinya, setelah tahun 1987 dan 1991.

Kualitas tim asuhan pelatih Indra Syafri, secara teknis dan non teknis, lebih baik dan merata dibandingkan SEA Games sebelumnya.

Kekuatan Thailand, tidak lebih baik pula dari Indonesia. Sama-sama menurunkan pemain usia 22 tahun yang kualitasnya setara.

Untuk kelompok umur 22 tahun di Asia Tenggara, saat ini tidak ada yang superior. Kalau tim senior Indonesia, bisa saja diamggap, sedikit di bawah Thailand. Jadi, SEA Games Kamboja, medali emas masih mungkin “milik kita.”

Bagi Indonesia dan Thailand, ini final keempat sepakbola SEA Games. Dari tiga final sebelumnya 1997, 2013, hanya tahun 1991 Indonesia mengalahkan Thailand lewat drama adu penalti. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *